Seleksi CPNS Pemprov Sultra : Hanya 186 yang Lolos, Bakal Dilakukan Perangkingan – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Seleksi CPNS Pemprov Sultra : Hanya 186 yang Lolos, Bakal Dilakukan Perangkingan

Peserta SKD CPNS saat mengikuti ujian di SMKN 1 Kendari.

KENDARIPOS.CO.ID — Peserta seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) lingkup Pemprov Sultra yang memperoleh nilai di atas passing grade tidak otomotis lolos. Pasalnya, hanya tiga peserta tiap formasi yang berhak maju tahap berikutnya. Dengan hanya menyiapkan 62 formasi, maka hanya 186 peserta yang dinyatakan lolos mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB). Dari hasil seleksi kompetensi dasar (SKD), sebanyak 789 peserta yang memperoleh nilau di atas passing grade.

“Pelaksanaan SKD telah digelar tanggal 3-4 Februari. Peserta yang nilainya di atas passing grade tidak semuanya akan di akomodir. Mereka akan di rangking lagi. Katakanlah apoteker, yang dibutuhkan dibahteramas itu misalkan 5, jadi yang ikut selanjutnya 15 orang. walaupun yang lolos 30 orang maka akan di rangking 1 sampai 15. Rangking selanjutnya otomatis dinyatakan gugur,”jelas La Ode Mustari, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra akhir pekan lalu.

Perangkingan ini lanjutnya, sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. Prosesnya menjadi domian Panselnas. Mereka yang akan merangking semua formasi yang ada. Sebab, walaupun masuk perangkingan biasanya ada peserta yang mengundurkan diri. “Jadi ini akan dilihat lagi seperti apa nanti. Tapi pengumuman resmi dari pusat untuk SKD akan dilakukan pada 22-23 Maret,”terangnya.

Mantan PJ Sekprov Sultra itu menjelaskan untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) diperkirakan akan dilaksanakan pada tanggal 25 Maret hingga 10 April 2020. Kemudian untuk hasilnya akan diumumkan pada tanggal 27 April hingga 30 April 2020. “Untuk pengumuman sinkronisasi hasil SKD dan SKB pada Seleksi CPNS dijadwalkan pada tanggal 1 Mei 2020,”ungkapnya.

Kepala BKN Regional IV Makassar, Harun Arsyad mengatakan untuk tehnisnya nanti dari satu formasi itu akan di ambil tiga orang. Jadi yang lolos passing grade akan dirangking. Selanjutnya yang dinyatakan lolos akan mengikuti SKB. Nilai SKB kemudian akan di gabungkan dengan nilai SKD. “Aturanya nilai SKD itu 40 persen dan nilai SKB 60 persen. Di sinilah mereka berkompetensi dengan data yang disinkronkan langsung dari pusat. Jadi di sinilah tahap akhir penentu,”jelasnya.

Jadi untuk seluruh Indonesia seleksi akan berakhir pada 28 Februari. Di sinilah baru semua ketahuan. Terkadang ada yang lolos tapi mengundurkan diri. “Inilah yang akan di data dan di undang masing-masing kepala BKD untuk melihat hasil sinkronisasi data itu. Setelah semua sinkron baru akan diumumkan,”tutupnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy