Sejumlah Wilayah di Sultra Rawan Longsor, BPBD Minta Daerah Buat Jalur Evakuasi – Kendari Pos
Metro Kendari

Sejumlah Wilayah di Sultra Rawan Longsor, BPBD Minta Daerah Buat Jalur Evakuasi

KENDARIPOS.CO.ID — Puncak musim hujan di Sultra diprediksi akan terjadi pada April dan Mei 2020. Untuk itulah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sultra meminta pemerintah kabupaten dan kota meningkatkan kewaspadaan. Tidak hanya peralatan dan personil, namun juga menyiapkan langkah-langkah penanganan bencana. Salah satunya membuat jalur evakuasi warga.

Kepala BPBD Sultra, Boy Ihwansyah mengatakan sejumlah wilayah di Sultra tergolong rawan bencana banjir dan tanah longsor. Diantaranya, Konawe Utara (Konut), Konawe, Kolaka Timur (Koltim), Kolaka dan beberapa daerah lainnya. Makanya, perlu dilakukan jalur evakuasi. Sebab hingga kini, masih banyak daerah yang belum mempunyai jalur evakuasi.

“Kita sudah minta daerah-daerah itu untuk segera buat jalur evakuasi, untuk membuat titik-titik kumpul di daerah rawan bencana. Apalagi kita memasuki siaga darurat, antisipasi curah hujan tinggi yang akan terjadi,” ujar Boy Ihwansyah saat ditemui Kendari Pos, Rabu (12/2).
Saat ini kata Boy, daerah yang telah memiliki jalur evakuasi yakni kota Kendari. Yang terbagi di dua titik, yakni di Sungai Wanggu, Lepo-lepo untuk jalur evakuasi korban banjir serta di kelurahan Nipa-nipa, untuk jalur evakuasi korban tanah longsor.

Jalan longsor di wilayah Konsel

Selain itu, BPBD Kota Kendari telah memasang early worning sistem atau sistem peringatan dini yang akan memberitahukan timbulnya kejadian alam, dapat berupa bencana maupun tanda-tanda alam lainnya. “Tapi ini baru di kota kendari, untuk daerah lain sementara pemasangan. Kita harapkan bisa segera terpasang, sebelum puncak musim hujan nanti. Karena data dari BMKG itu menyebutkan, puncak musim hujan itu terjadi di bulan april dan mei,” tutupnya. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy