Sarlan, Penderita Gizi Buruk di Buteng Mulai Membaik – Kendari Pos
Buton Tengah

Sarlan, Penderita Gizi Buruk di Buteng Mulai Membaik

Sarlan, anak penderita gizi buruk di Buteng saat dibesuk Bupati, H. Samahuddin, beberapa hari lalu. Kondisinya kini mulai membaik dan memperlihatkan perkembangan menggembirakan usai mendapat perawana dari paramedis RSUD Buteng.

KENDARIPOS.CO.ID — Kondisi Sarlan, akan berusia 7 tahun penderita gizi buruk di Kabupaten Buton Tengah (Buteng), kian membaik. Bupati Buteng, H. Samahuddin terus memantau perkembangan kesehatan anak pasangan La Sari dan Wa Lani, warga Desa Lowu-lowu, Kecamatan Gu tersebut. Bahkan, suami Hj. Jusniar Samahuddin itu selalu menginstruksikan seluruh paramedis di RSUD untuk selalu mengontrol kondisi pasien secara intens. “Informasi yang saya terima, kondisi pasien Sarlan, kini ada perubahan. Perkembangan kesehatannya makin hari kiam membaik. Tidak seperti sebelumnya,” ujar Samahuddin saat dikonfirmasi, kemarin.

Buteng-1 itu berharap kondisi kesehatan Sarlan makin membaik dan normal. “Yang jelas, harapan kami, Sarlan bisa sembuh dan bisa beraktifitas seperti sedia kala,” sambungnya. Sementara itu, Kadis Kesehatan Buteng, Kasman, membenarkan, kondisi kesehatan Sarlan yang kini sudah membaik. Pasalnya, selang infus yang sempat dipasang di tangan anak itu, kini sudah bisa dilepas. “Kebutuhan pasien tetap diperhatikan. Mulai dari obat-obatan, asupan nutrisi sampai dengan kesehatan pasien. Pola kesehatan ini yang terus kita jaga agar kondisi Sarlan bisa terus membaik,” jelas Kasman, kemarin.

Soal biaya selama perawatan Sarlan di RSUD Buteng, Kasman menuturkan telah digratiskan atas perintah langsung Bupati, H. Samahuddin. “Sekarang kami akan usahakan agar Sarlan ini bisa mendapatkan BPJS,” tambahnya. Untuk diketahui, sebelumnya bobot tubuh Sarlan yang mengidap gizi buruk hanya mencapai 8 kilogram. Tulang dadanya menonjol di balik kulit mudanya. Hasil diagnosa, Sarlan tak hanya menderita gizi buruk. Dr. Agus Budiarto menjelaskan anak tersebut memiliki beberapa riwayat penyakit atau mengalami komplikasi. Makanya perlu perawatan khusus dan proses penyembuhan dalam waktu lama. “Bukan hanya gizi buruk. Salah satu penyakit Sarlan adalah anemia atau kurang darah. Idealnya untuk usia 7 tahun, berat badannya sekitar 15 kilogram. Kami usahakan mencapai angka itu agar secara otomatis kesehatannya bisa pulih,” jelas Agus Budiarto, sebelumnya. (b/rud)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy