Rusman Emba Genjot Sentra Pertanian di Kabawo – Kendari Pos
Muna

Rusman Emba Genjot Sentra Pertanian di Kabawo

LM. Rusman Emba

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Muna, LM. Rusman Emba menggelar ekspose pembangunan sekaligus pencanangan kawasan perdesaan terpadu di Kecamatan Kabawo. Ribuan warga menyambut kunjungan Rusman serta memberi apresiasi terhadap program yang telah dirintis selama tiga tahun terakhir.

Rusman sendiri berjanji akan semakin memperhatikan pengembangan sektor pertanian. Kabawo sendiri termasuk yang akan dijadikan sebagai sentra pertanian jagung kuning dan padi. “Kabawo akan menjadi pusat pengembangan berbagai komoditi unggulan daerah,” kata mantan Ketua DPRD Sultra.

Upaya Rusman telah dimulau tahun 2019 lalu. Pemkab bekerjasama dengan TNI berhasil membuka 100 hektar sawah baru di Desa Bente, Kecamatan Kabawo. Jumlahnya akan bertambah 200 hektar lagi pada tahun ini. Selain sawah, Pemkab juga telah menjalin komunikasi dengan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk pengembangan jagung kuning melalui program calon petani calon lahan seluas 600 hektar. “Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berjanji akan ke Muna dan akan diarahkan meninjau kebun jagung di Kabawo,” sambungnya.

Pencanangan kawasan perdesaan terpadu di Kecamatan Kabawo dimaksudkan untuk mendorong partisipasi masyarakat desa di sektor pertanian. Rusman menegaskan, kebijakan pembangunannya juga mengedepankan konsep kolaborasi dengan pemerintah desa dan masyarakat. Melalui program kawasan perdesaan terpadu tersebut, alokasi dana desa didorong lebih fokus pada sektor pemberdayaan petani jagung dan sawah.

“Tahun lalu, kita sudah berhasil di Desa Lakandito Kecamatan Kabangka dengan inovasi terbaik nasional untuk program unggulan jagung kuning. Konsep kawasan desa terpadu akan merujuk pada inovasi seperti itu. Kalau di Lakandito bisa, di Kabawo juga pasti bisa,” ungkapnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy