Rusman Emba Fokus Membangun Infrastruktur Dasar – Kendari Pos
Muna

Rusman Emba Fokus Membangun Infrastruktur Dasar

KENDARIPOS.CO.ID — Fokus pembangunan daerah Kabupaten Muna tahun 2020 belum akan berbeda jauh dari tahun sebelumnya. Infrastruktur jalan masih akan menerima alokasi dana paling dominan dari belanja rutin daerah. Bupati Muna LM. Rusman Emba menargetkan seluruh ruas jalan strategis tuntas teraspal tahun ini. Belanja daerah Kabupaten Muna di infrastruktur jalan sejak 2017 secara berturut-turut mencapai Rp.215 miliar lebih dengan bentang 203 kilometer. Rinciannya antara lain tahun 2017 mencapai 117 kilometer dengan biaya Rp.113 miliar. Setahun kemudian, Pemkab mengalokasikan pengaspalan sepanjang 46 kilometer dengan anggaran Rp.58 miliar.

Tahun 2019 ruas jalan yang kembali diaspal mencapai 29 kilometer dengan alokasi Rp.44 miliar. Alokasi itu masih akan terus bertambah tahun ini. “2020 fokusnya masih pengaspalan beberapa ruas jalan lagi,” ujar Bupati Muna, Rusman Emba. Pengaspalan tahun ini, kata mantan Ketua DPRD Sultra itu akan mendapat dukungan anggaran dari APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten. Titik pengaspalan meliputi ruas jalan strategis. APBN misalnya, melalui Dana Alokasi Khusus, lima ruas jalan siap dikerjakan tahun ini. Diantaranya ruas Paelangkuta-Tampo, Oelongko-Wakuru, Laino-Motewe dan Lakapodo-Wakadia.

Total dana yang akan dihabiskan mencapai Rp.42 miliar. “Sekarang ini masih proses lelang. Mungkin Maret sudah bisa dimulai pekerjaan fisiknya,” paparnya. Sementara pengaspalan yang bersumber dari APBD Sulawesi Tenggara masih akan fokus pada ruas jalan Raha-Lakapera. Pembenahan itu merupakan lanjutan pekerjaan tahun sebelumnya. Titik pekerjaan akan dimulai dari Desa Bea Kec. Kabawo hingga Kec. Tongkuno. Pagu anggaran mencapai Rp9 miliar. “Kalau Provinsi termasuk di poros Desa Bente dan di Rangka. Selesai tahun ini juga,” terangnya.

Rusman Emba

Khusus pengaspalan menggunakan APBD Kabupaten, diantaranya jalan poros Pola, poros Banggai-Waara, jalan lingkar Kontukowuna, jalan kecamatan Kabawo dan jalan poros Masalili. Ia tak merinci jumlah ruas secara keseluruhan dan berapa total anggaran tahun ini. “Teknisnya mungkin di instansi terkait. Intinya semua jalan prioritas selesai tahun ini,” jelasnya. Ia menambahkan, pembangunan daerah di Kab. Muna memang masih berfokus pada infrastruktur dasar. Sebabnya, saat dirinya menjabat hampir seluruh ruas jalan penting dalam kondisi kurang baik. Tak ayal, kue APBD masih harus menuntaskan kebutuhan strategis masyarakat itu. “Tetapi sesuai perencanaan, semua jalan itu termasuk yang bukan jalur utama akan selesai pada 2021. Setelah itu baru fokus alokasi dana bisa menyentuh sektor lain,” tambahnya.

Rusman berharap, pasca pengaspalan jalan tuntas maka akan mendongrak perekonomian daerah secara signifikan. Hemat dia, salah satu faktor penghambat laju pertumbuhan daerah selama ini ialah kondisi infrastruktur yang belum memadai. Makanya, kondisi itu menjadi tugas pokok yang harus dituntaskan selama pemerintahannya. “Kita ingin menuntaskan kebutuhan dasar baru berbicara sektor lain,” imbuhnya. (ode/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy