Realisasi Serapan Anggaran Minim, Periode Januari Baru 2 Persen – Kendari Pos
Metro Kendari

Realisasi Serapan Anggaran Minim, Periode Januari Baru 2 Persen

KENDARIPOS.CO.ID — Strategi Pemprov Sultra menggejot realisasi serapan anggaran perlu dievaluasi. Selama periode Januari, realisasi serapan anggaran baru mencapai 2 persen. Mirisnya, anggaran yang terserap didominasi gaji pegawai dan uang persediaan (UP). Padahal Gubernur Sultra, Ali Mazi berkeinginan pelaksanaan program kerja di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bisa dilaksanakan lebih awal atau bulan Januari.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sultra, Hj Isma mengakui realisasi serapan anggaran awal tahun ini belum maksimal. Pasalnya, sejumlah proyek pemerintah belum berjalan. Sebagian besar masih dalam proses tender. Makanya, usulan pencairan anggaran masih minim. “Untuk bulan Januari lalu, baru 2 persen. Sebagian besar untuk gaji pegawai dan UP. Di bulan Februari ini, progresnya belum signifikan. Sebab proyek-proyek yang nilai anggarannya besar belum dimulai,” beber Hj Isma saat ditemui di gedung DPRD Sultra, Rabu (26/7).

Dari sejumlah OPD kata dia, Dinas Perhubungan (Dishub) telah mengajukan pencairan anggaran. Sebab ada beberapa proyek yang sudah dimulai Januari lalu. Namun demikian, ia optimis pergerakan serapan anggaran baru akan terlihat di bulan Maret. Pasalnya, sebagian besar pengerjaan program kerja maupun proyek di OPD mulai berjalan. “Kemungkinan bulan Maret baru terlihat progresnya. Sejumlah proyek dengan nilai anggaran yang cukup besar akan dimulai seperti Jalan Kendari-Toronipa dan lainnya,” pungkasnya. (c/rah/mal)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy