PWRI Sultra Minta Dana Pensiun Tetap Dikelola PT Taspen – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

PWRI Sultra Minta Dana Pensiun Tetap Dikelola PT Taspen

Tampak Ketua PWRI Sultra, H. Yusran Silondae memimpin rapat pengurus PWRI Sultra, Senin (17/2) lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Rencana pemerintah meleburkan pengelolaan dana pensiun dari PT Taspen (persero) serta PT Asabri (persero), ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) menuai kontroversi dan membuat resah sejumlah pihak. Kebijakan tersebut dinilai akan merugikan termasuk para pensiunan PNS.

Ketua Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Yusran Silondae, pada rapat pengurus PWRI Sultra di Kendari, Senin (17/2) lalu mengatakan, rencana peleburan itu akan merugikan karena ada pengurangan manfaat yang didapat jika pengelolaannya beralih BP Jamsostek. “Para pensiunan tidak setuju rencana pemerintah itu karena berdampak pada kerugian materil berupa gaji pensiunan berkurang. Adapun kerugian non materil berupa kecemasan dan ketidak pastian,” ujar Yusran Silondae, awal pekan lalu.

Lanjut mantan Wakil Gubernur Sultra itu, jika jaminan dialihkan ke BPJS Ketenagakerjaan maka nominal uang pensiun yang diperoleh menyusut cukup ekstrim sampai Rp 300.000, bahkan lebih. Ia menguraikan, ada beberapa manfaat yang hilang apabila PT Taspen dilebur ke BP Jamsostek yakni penghapusan tunjangan berupa tunjangan isteri, tunjangan beras, tunjangan anak, uang duka wafat, tunjangan (gaji 13), dan tunjangan hari raya. “Para pensiunan sipil yang tergabung dalam wadah PWRI Sulawesi Tenggara menolak dan memohon agar pemerintah mempertimbangkan kembali keputusan ini,” pungkasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kendari, Muhyiddin DJ menegaskan bahwa tidak akan terjadi penurunan manfaat jika program tersebut dialihkan ke BP Jamsostek. “Pemerintah akan menyiapkan skema program pensiun yang memastikan PNS tetap mendapatkan manfaat pensiun yang setara atau bahkan lebih baik dibandingkan sebelumnya,” ujar Muhyiddin saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (19/2).

Ia menjelaskan, berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, program pensiun bagi PNS diberikan dalam dua bentuk, yaitu sebagai hak dan sebagai penghargaan atas pengabdiannya. Pemberian program pensiun dalam bentuk hak, mengacu pada UU Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). “BP Jamsostek akan menyelenggarakan program pensiun yang berbentuk hak PNS sebagai warga negara, sehingga tidak ada diskriminasi,” tuturnya.

Sementara untuk program pensiun dalam bentuk penghargaan atas pengabdian bagi PNS, kata dia, pemerintah tengah mempersiapkan konsep yang tepat sebagai bentuk penghargaan atas pengabdian PNS. Soal kekhawatiran terhadap rencana pengalihan tersebut, kata Muhyiddin, BP Jamsostek sudah berpengalaman menjalani proses pengalihan program salah satunya Jaminan Hari Tua (JHT) milik karyawan BUMN pada tahun 1996 silam, di mana sebelumnya diselenggarakan oleh PT Taspen (persero). Selain itu, BP Jamsostek juga pernah mengalihkan program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) kepada BPJS Kesehatan pada tahun 2014. “Kedua pengalihan tersebut berjalan sukses karena hingga saat ini tidak ada penurunan manfaat, bahkan lebih baik,” tegasnya.

Sesuai amanat UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), penyelenggaraan program pensiun untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan dialihkan ke BP Jamsostek paling lambat tahun 2029. Saat ini, pihaknya sedang menunggu regulasi turunan dari UU tersebut sebagai dasar teknis pelaksanaan peralihan program dari pelaksana sebelumnya yakni PT Taspen (persero). “Sebagai badan penyelenggara, kami bekerja berdasarkan kebijakan pemerintah. Saat ini sedang proses harmonisasi dengan sejumlah lembaga dan aturan terkait,” tandas Muhyiddin. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy