PWI Sultra Menatap Porwanas 2020 – Kendari Pos
Olahraga

PWI Sultra Menatap Porwanas 2020

Sekretaris Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Sultra, Hasruddin Laumara, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainuddin Amali dan anggota PWI Sultra, Herman usai pembukaan Rakernas SIWO se-Indonesia di sela-sela Hari Pers Nasional (HPS) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

KENDARIPOS.CO.ID — Para wartawan yang bernaung di Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) siap berlaga di Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2020 di Kota Malang Jawa Timur, 1-6 September. Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Sultra memastikan sembilan dari 10 cabang olahraga (Cabor) yang dipertandingkan akan diikuti, minus boling. 10 cabor yang akan dipertandingkan dalam Porwanas yakni atletik, biliar, boling, bridge, bulu tangkis, catur, futsal, sepak bola, tenis dan tenis meja.

Ketua PWI Sultra Sarjono mengungkapkan, sesuai hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) SIWO se-Indonesia yang diikuti Ketua SIWO PWI Sultra, Gafar dan Sekretaris SIWO PWI Sultra, Hasruddin Laumara di Kota Banjarmasin,Provinsi Kalimantan Selatan, 7 Februari 2020 telah diputuskan 10 cabor prestasi yang dipertandingkan.

“Selain itu, dua jenis olahraga tradisional yakni Sumpitan dan Balap Bakian, serta dua kategori ketangkasan jurnalis yaitu lomba karya tulis dan lomba foto jurnalistik,” ujar Sarjono, kepada Kendari Pos didampingi Ketua SIWO PWI Sultra Gafar dan Sekretaris SIWO PWI Sultra, Hasruddin Laumara, Kamis (13/2).

Porwanas kali ini akan memperebutkan 28 medali emas dari 10 cabang olahraga yang digelar selama 5 hari. Kontingen Porwanas Sultra diestimasi sekira 45 orang.

Sebelumnya, Ketua SIWO, Jawa Timur, Erwin Muhamad, bersama tim dari Pemprov Jawa Timur yang mempresentasikan seluruh persiapan mulai dari akomodasi, transportasi, venue, konsumsi dan seluruh keperluan terkait Porwanas yang dijadwalkan berlangsung di Malang Raya, 1-6 september 2020 itu.

“Untuk lomba olahraga tradisional diperuntukkan bagi pengurus PWI dan anggota SIWO yang tidak bertanding di cabang olahraga pokok. Tetapi juga terbuka untuk seluruh kontingen dari seluruh Indonesia,” kata Erwin.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainuddin Amali mengatakan Perkembangan olahraga tidak bisa dilepaskan dari peran SIWO PWI. Tanpa peran SIWO dan wartawan olahraga maka olahraga di tanah air kurang berkembang. Perkembangan olahraga di suatu daerah, dari cabang olahraga tertentu tidak akan diketahui masyarakat tanpa peran wartawan olahraga. Kecepatan informasi sangat luar biasa saat ini. Di sini dituntut inovasi dan kreatif pengelola media, termasuk wartawan olahraga agar masyarakat mendapat informasi cepat, akurat dan berimbang.

Meski begitu, media mainstream tetap menjadi kontributor bagi perkembangan olahraga kita,” ujarnya saat membuka Rakernas.

Menpora memuji perhatian Presiden Jokowi terhadap olahraga. Jokowi berani menerbitkan Inpres olahraga Nomor 11 tahun 2013. “Selama ini belum pernah. Presiden sudah memberi arahan untuk segera menyiapkan pembangunan running camp untuk lima cabor olahraga Olimpiade yang representatif dan dilengkapi fasilitas memadai. Presiden ingin Indonesia jadi tuan rumah Olimpiade 2032,” ungkap Zainuddin Amali.

Untuk itu, Menpora Zainuddin Amali meminta SIWO PWI berperan aktif membangun olahraga. “Kami sangat berharap kerja sama SIWO. Tanpa SIWO, pemerintah tak bisa berjalan sendiri. Pasti apa yang diinformasikan, akan kami tindaklanjuti. Peran dan tanggungjawab kita sama dibidang masing-masing. Pemerintah dan SIWO bersinergi, maka olahraga akan maju. Saya sampaikan pemerintah tak bisa berjalan sendiri tanpa dukungan SIWO,” tegasnya.

Menurut Zainuddin, rakernas SIWO PWI se-Indonesia harus dapat merumuskan kebijakan dan pemerintah siap kerja sama karena tujuannya untuk kemajuan olahraga. “Mari bersama-sama kita maju. SIWO maju, olahraga maju, maka Indonesia pun maju,” imbuh Menpora.

Untuk diketahui, dalam rakernas SIWO se-Indonesia, para pengurus SIWO diminta menyerahkan nominasi atlet peraih Golden Award. Sekretaris SIWO PWI Sultra, Hasruddin Laumara merekomendasikan dua atlet nasional asal Sultra sebagai nominator Golden Award Anugerah Olahraga ke SIWO PWI Pusat. Dua atlet itu adalah Sadil Ramdani, cabang sepakbola dan Apriyani Rahayu, cabang bulutangkis. Golden Award Anugerah Olahraga ke SIWO PWI Pusat akan digelar 30 Maret 2020 di Jakarta. (ags/din)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy