Puluhan Hektare Sawah di Kolaka Timur Diserang Tikus – Kendari Pos
Kolaka Timur

Puluhan Hektare Sawah di Kolaka Timur Diserang Tikus

KENDARIPOS.CO.ID — Puluhan hektare padi milik petani Desa Bungga Baru, Kecamatan Loea, Kolaka Timur gagal panen. Hama tikus menyerang sawah mereka hingga membuat tanaman di wilayah tersebut tak bisa dituai. Petani tak dapat berbuat apa-apa. Beberapa diantaranya mencoba mempercepat panen sebelum serangan hama tikus meluas.

Petani Desa Bungga Baru, Jabbe, mengatakan, musim ini, ia tak bisa mendapat keuntungan dari hasil tanaman padinya. “Terpaksa kita panen muda, dari pada puso dan rugi total. Saya hanya panen tiga puluhan karung lebih saja. Padahal biasanya 100 karung sampai 130 karung untuk dua hektar sawah saya ini. Harga juga ikut menurun drastis mencapai Rp 2.500 per kilogram gabah. Padahal berbagai macam cara untuk mengatasi hama tikus ini sudah kami lakukan. Mulai dari pemasangan terpal keliling, racun tikus, oli bahkan perangkap. Tapi sangat banyak sekali tikusnya,” keluh Jabbe, Rabu (5/2).

Puluhan hektare padi milik petani Desa Bungga Baru, Kecamatan Loea, Kolaka Timur terserang hama tikus. Sejumlah petani mencoba mempercepat panen sebelum serangan hama meluas.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Koltim, Lasky Paemba, mengatakan, sekitar 30 hektare sawah petani, terserang hama tikus. Hal itu terjadi karena tidak serentaknya jadwal menanam padi. “Jadi hama terkumpul di lahan tersebut. Saya sudah perintahkan petugas lapangan Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Koltim untuk turun mengecek dan mengambil langkah di lapangan. Itulah yang selalu saya sampaikan ke petani bahwa dalam mengelola usaha tani itu kebersamaan atau kekompakan serta persatuan harus menjadi pilar utama. Saya harap petani tetap sabar dan melakukan penanaman lagi,” kata Lasky. (b/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy