Program Cerdas Kolaka Utara, Dikbud Siapkan Kuota Kuliah Gratis – Kendari Pos
Edukasi

Program Cerdas Kolaka Utara, Dikbud Siapkan Kuota Kuliah Gratis

Foto bersama Ismail (keempat dari kanan) bersama pengurus universitas dan mahasiswa Kolut yang dikuliahkan di UST

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kolaka Utara (Kolut) tahun ini kembali membuka kesempatan bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) guna dikuliahkan secara gratis di Daerah Istimewah Yogyakarta (DIY). Adapun kuota yang disediakan 20 orang dan dipastikan memilih jurusan keguruan.

Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar (PPD) Dikbud Kolut, Ismail, S.Pd. M.Si mengatakan program bertajuk “Cerdas Kolaka Utara” ini, telah dilaksanakan sebelumnya. Tepatnya tahun 2019 lalu yang diikuti 22 siswa dengan tujuan belajar ke Kota Pendidikan.

Pemkab Kolut telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) sebagai tempat putra-putri dari Bumi Patowonua itu menimba ilmu. “Khusus jurusan keguruan. Siswa tersebut tentu harus berprestasi dan dilihat dari perolehan nilai perengkingannya serta harus berdomisili di Kolut,” ucapnya, Senin (24/2).

Para siswa yang mengikuti Program Cerdas Kolut tahun lalu saat ini sudah semester II. Pemkab menanggung semua biaya kuliah mulai dari Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dan lainnya hingga sarjana. Begitu juga dengan uang indekos per bulan sebesar Rp. 250 ribu. “Terserah mereka pilih kos dimana. Kalau harga diatas itu tentu mereka yang nenambah sewanya,” tuturnya.

Selain mengontarakan rumah, Pemkab juga menanggung biaya hidup Rp. 300 ribu per bulan. Total biaya per orang kisaran Rp 11-16 jutaan per tahun. Hal itu tergantung program studi yang dipilih. “Pemkab pilih Yogyakarya karena kita semua tahu di sana Kota Pendidikan,” ujarnya.

Para calon mahasiswa yang telah mendaftarkan diri, sambung Ismail akan diberangkatkan Pemkab ke kota tujuan. Akomodasi hingga biaya perjalanan tentu ditanggung Pemda. “Keuntungan lainnya, setelah mereka menyandang gelar sarjana bakal disebar di Kolut dengan status guru kontrak daerah,” pungkasnya. (rus/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy