Poltekkes Kendari Canangkan Kampus Sehat – Kendari Pos
Edukasi

Poltekkes Kendari Canangkan Kampus Sehat

KENDARIPOS.CO.ID — Sebagai lembaga pendidikan kesehatan, Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kendari, terus berupaya melakukan berbagai inovasi dalam rangka pengembangan kampus, utamanya dalam bidang kesehatan. Salah satunya dengan mendeklarasikan diri sebagai kampus sehat, yang diikuti oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Kendari bersama seluruh civitas akademika di lapangan upacara Poltekkes Kemenkes Kendari, Senin (17/2) pagi.

Direktur Poltekkes Kemenkes Kendari, Askrening, saat deklarasi kampus sehat, Senin (17/2).

Direktur Poltekkes Kemenkes Kendari, Askrening, SKM., M.Kes., mengatakan, pencanangan kampus sehat merupakan program dari Menteri Kesehatan untuk Perguruan Tinggi Indonesia, terutama yang dibawah Kementerian Kesehatan RI. “Sebelumnya kita juga telah melakukan beberapa program serupa, diantaranya Program Gerakan Kantor Berbudaya, Hijau dan Sehat (BERHIAS), Kampus bebas asap rokok dan Gerakan Lihat Sampah Ambil (LISA). Program sehat lainnya juga yaitu, melakukan aktivitas fisik bersama-sama seperti senam pagi setiap hari Jumat dan kerja bakti dalam rangka menjaga kebersihan kampus,” terangnya.

Selanjutnya, kantin di kampus itu juga akan didorong menjadi kantin yang mengedepankan prinsip-prinsip makanan sehat, seperti lebih banyak rebusan, sayur buah, dan bahan-bahan lokal. Kemudian, kampus juga mulai mengurangi penggunaan sampah plastik dengan membawa botol minum sendiri. “Berbagai program tersebut sebagai perwujudan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) melalui edukasi gaya hidup sehat, deteksi dini, dan intervensi yang terintegrasi dengan pengaturan lingkungan yang sehat. Sehingga diharapkan prevalensi penyakit dan faktor risikonya di lingkungan kampus dapat diturunkan,” ungkapnya.

Ia berharap, setelah deklarasi Kampus Sehat, mereka dapat menggerakan sektor pendidikan untuk berperan aktif dalam mewujudkan Indonesia sehat, dengan terlibat langsung dalam upaya-upaya promotif, dan preventif,di lingkungan perguruan tinggi. “Ada sembilan poin utama yang telah kita deklarasikan, dan itu semua akan kita tindak lanjuti, guna mewujudkan kampus sehat,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua BEM Poltekkes Kendari, Nur Hasan menyebutkan, sembilan poin dalam deklarasi kampus sehata Poltekkes Kendari yakni melakukan aktifitas fisik, mengonsumsi makanan beragam dan gizi seimbang, menjadikan cuci tangan sebagai rutinitas sebelum dan setelah memulai kegiatan, menjaga kesehatan mental, menjadikan kampus area bebas narkoba, produk tembakah, dan alkohol, menjadikan kampus area bebas kekerasan, perundungan, dan pelecehan, pengelolaan lingkjngan hidup yang sehat, bersih, aman, dan ramah, dapat mendeteksi dini masalah kesehatan, serta menindaklanjutinya, dan terakhir menjaga keaehatan reproduksi.

“Dukungan untuk menjadikan Poltekkes sebagai kampus sehat ini ditandai dengan penandaganganan pakta integritas, melaksanakan kerja bakti, menanam pohon, serta menambah jumlah handrub di setiap titik kampus. Semoga kegiatan ini dapat terus kita laksanakan, dan bisa mengajak masyarakat untuk hidup sehat,” tutup Nur Hasan. (hel/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy