Plt Kepala Dinas ESDM Sultra : PNBP Sektor Tambang Capai Rp 897 Miliar – Kendari Pos
Metro Kendari

Plt Kepala Dinas ESDM Sultra : PNBP Sektor Tambang Capai Rp 897 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Upaya Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sultra mendorong penerimaan daerah melalui sektor pertambangan menuai hasil. Tahun 2019, penerimaan negara bukan pajak (PNBP) jauh melampaui target. Dari Rp 623 miliar yang dipatok pemerintah, realisasi PNBP mencapai Rp 897 miliar. “Alhamdulillah, PNBP kita meningkat. Ini artinya sektor tambang memberikan nilai kontribusi pajak terbesar dalam penerimaan pajak. Saya kira kita patut apresiasi kinerja Kantor Pajak Pratama kendari. Sebab,” ujar Buhardiman, Plt Kepala Dinas ESDM Sultra, Rabu (5/2).

Untuk tahun 2020 ini, pihaknya kembali ditargetkan Rp. 1,3 triliun dalam sektor pertambangan dari sisi PNBP. “Kami optimis ini bisa tercapai. Apalagi, saat ini kita akan genjot para investor dengan memberi kemudahan berinvestasi di Sultra. Dengan semakin mudah berinvestasi mereka akan semakin tertarik. Sehingga peningkatan ini mutlak adanya,”ungkapnya. Bukan hanya itu saja kata dia, beragam terobosan terus dilakukan.

Plt Kepala ESDM Sultra, Buhardiman (kemeja putih) menerima penghargaan dari Kepala Kantor Pelayanan Perpajakan (KPP) Pratama Mandiri Kendari Joko Rahutomo (batik warna coklat), Rabu (5/2).

Ia mengaku terus berupaya agar investor pertambangan sepenuhnya melakukan aktifitas kantor di Kendari. Selain itu, ia mendorong produksi aspal buton ditiingkatkan. “Jika ini semua berjalan optimal, otomatis penghasilan dalam sektor ini akan lebih optimal lagi. Selain itu dengan berkantor di Sultra akan ada pajak dari NPWP. Peningkatan investor juga akan meningkatkan Pajak Penghasilan (PPh), serta peningkatan pelayanan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari wajib pajak badan perusahaan,”terangnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy