Pimpin Sertijab 8 Kapolda, Idham Azis : Jalankan Tugas dengan Baik – Kendari Pos
Nasional

Pimpin Sertijab 8 Kapolda, Idham Azis : Jalankan Tugas dengan Baik

Proses sertijab 8 Kapolda yang dilakukan oleh Kapolri Jenderal Idham Azis, Selasa (11/2)

KENDARIPOS.CO.ID — Kapolri Jenderal Pol Idham Azis memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) 8 Kapolda dan sejumlah pejabat tinggi Polri lainnya. Upacara digelar di gedung Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (11/2) pagi. Peralihan jabatan ini berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/385/II/KEP./2020 tertanggal 3 Februari 2019. Isinya Idham Azis melakukan rotasi kepada 8 Kapolda dan beberapa jabatan penting lainnya.

Adapun Kapolda yang menjalani sertijab hari ini adalah Kapolda Kalimantan Barat Irjen Did Haryono dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Itwasum Polri. Sebagai penggantinya ditunjuk Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto yang sebelumnya menjabat Kapolda Sulawesi Utara.

Kapolda Sulawesi Utara akan dijabat Irjen Pol Royke Lumowa. Dia meninggalkan jabatan lamanya sebagai Kapolda Maluku. Sebagai penerus Royke, Idham Azis menunjuk Brigjen Baharudin Djafar yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Barat. Brigjen Pol Eko Budi Sampurno kemudian mendapat promosi menjadi Kapolda Sulawesi Barat. Selanjutnya Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis dipindah sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Dia akan digantikan oleh Irjen Pol Firman Shantyabudi.

Ada pula Kapolda Aceh Irjen Pol Rio Septianda Djambak diangkat sebagai Kasespim Lemdiklat Polri. Brigjen Pol Wahyu Widada yang sebelumnya menjabat Kapolda Gorontalo dipilih sebagai suksesor. Brigjen Pol Adnas dipromosikan menjadi Kapolda Gorontalo dia menyerahkan jabatan Wakapolda Sulawesi Selatan kepada Brigjen Pol Halim Pagarra. Promosi juga didapat oleh Wakapolda Kalimantan Tengah Brigjen Pol Rikwanto. Dia akan menjabat sebagai Kapolda Maluku Utara. Sedangkan posisi lamanya akan diisi oleh Brigjen Pol Indro Wiyono.

Sertijab ditandai dengan pengucapan sumpah jabatan yang dipimpin oleh Idham Azis. Dilanjutkan dengan penyerahan tongkat komando kepada seluruh pejabat baru. “Demi Allah saya bersumpah akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Idham diikuti oleh Pati Polri yang melakukan Sertijab. (fan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy