Pilwawali Kendari Memanas, Pengamat Politik: Utamakan Kepentingan Rakyat Ketimbang Parpol – Kendari Pos
Politik

Pilwawali Kendari Memanas, Pengamat Politik: Utamakan Kepentingan Rakyat Ketimbang Parpol

Dr. Najib Husain

KENDARIPOS.COL.ID — Suhu politik di DPRD Kendari jelang Pemilihan Wakil Wali Kota (Pilwawali) Kendari makin memanas. Sebanyak, 35 legislator akan menyalurkan suaranya untuk menentukan pendamping Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir pada sisa masa jabatan 2017 – 2022. Pemilih diminta untuk mengutamakan kepentingan rakyat daripada partai dalam memilih figur Siska Karina Imran dan Adi Jaya Putra (AJP).

Pengamat Politik dari Universitas Halu Oleo (UHO) Dr. Najib Husain berharap agar para legislator memilih sesuai hati nuraninya. Bukan karena permintaan Partai Politik (Parpol). “Pada dasarnya parpol itu adalah representase dari seluruh rakyat Kota Kendari. Dan para kadernya yang ada di DPRD adalah orang-orang pilihan yang diamanahkan oleh rakyat untuk mewakili mereka. Oleh karena itu, sebaiknya memilih atas kepentingan rakyat bukan parpol. Maka perlu ada dikotomi antara kepentingan partai dan kepentingan rakyat,” kata Dosen FISIP UHO itu, Minggu (23/2).
Jika para legislator memilih atas dasar kepentingan partai, kata dia, itu sebenarnya merupakan sebuah pengkhianatan kepada rakyat. Misalnya ada deal-deal politik yang sama sekali tidak bertujuan untuk kepentingan dan kemaslahatan masyarakat. “Di sinilah dilihat betapa pentingnya pemaparan visi dan misi cawawali. Sehingga para legislator bisa melihat program apa yang ditawarkan sang cawawali yang kemudian disandingkan dengan program Wali Kota Kendari,” jelasnya.

Adapun visi dan misi Wali Kota Kendari saat ini kata Najib yakni beorientasi pada persoalan layanan berbasis teknologi (IT) dan persoalan ekologis (lingkungan). Pelayanan berbasis IT maksudnya bagaimana seluruh pelayanan memanfaatkan perkembangan teknologi sehingga lebih efektif dan efisien dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sedangkan persoalan lingkungan kata Najib, saat ini Kota Kendari yang sudah 11 kali mendapatkan penghargaan Adipura, tapi persoalan sampah masih belum bisa tertangani dengan baik. “Itu menjadi poin penting bagi siapa saja yang akan menjadi wawali kedepannya,” kata Najib. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy