Pilkada Muna 2020 : Hanura Klaim Kantongi Hasil Survei Balon Bupati – Kendari Pos
Politik

Pilkada Muna 2020 : Hanura Klaim Kantongi Hasil Survei Balon Bupati

La Saemuna

KENDARIPOS.CO.ID — Partai Hanura mengklaim mengantongi hasil survei bakal calon Bupati Muna pada Pilkada 2020. Petahana disebutkan unggul jauh dibandingkan figur lain. Sementara elektabilitas di posisi terendah dihuni nama Syarifuddin Udu. Hasil survei itu telah diserahkan kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Hanura untuk menjadi bahan pertimbangan dalam memutuskan rekomendasi.

Ketua DPC Hanura Muna, La Saemuna, menerangkan partainya menggelar survei periode Januari 2020. Survei dilakukan pada nama bakal calon bupati yang ikut mendaftar di Hanura. Mereka adalah petahana LM. Rusman Emba, LM. Rajiun Tumada (bupati Muna Barat) dan Syarifuddin Udu (Dirjen Keuangan Kemendagri).

“Petahana paling dominan. Angkanya sampai 50 persen, 30 persen Rajiun dan sisanya Syarifuddin,” jelas Ketua DPRD Muna itu. Menurutnya, hasil survei itu saat ini sudah disodorkan ke Jakarta dan sementara ditelaah. Meski demikian, survei tersebut tidak menjadi patokan tunggal bagi Hanura dalam mengambil keputusan. Figur dengan hasil tertinggi tidak menjamin bisa mengunci keluarnya rekomendasi. Terlebih, elektabilitas bulan Januari masih mungkin naik atau menurun.

“DPP punya banyak pertimbangan. Survei bukan indikator satu-satunya, apalagi hasil itu baru bulan Januari. Masih mungkin berubah pada Maret atau April,” ujarnya. Ia menambahkan, partai kemungkinan besar akan mengambil keputusan pada April mendatang. Dukungan masih akan diawali dengan surat tugas kepada figur untuk membangun koalisi mengingat kursi Hanura tidak mencapai 20 persen jumlah anggota parlemen. Kepada siapa surat tugas itu, Saemuna belum bisa berspekulasi. “Domain DPP tidak bisa kami campuri,” paparnya.

Hanura merupakan partai dominan dengan lima kursi DPRD Muna. Dengan Hanura, bakal calon hanya perlu mencari minimal satu kursi tambahan. Saat ini, partai itu belum menjadi milik siapa pun. Semua calon masih berpeluang. (ode/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy