Pilkada 2020 : Koltim-Konsel Tanpa Bapaslon Independen – Kendari Pos
Politik

Pilkada 2020 : Koltim-Konsel Tanpa Bapaslon Independen

KENDARIPOS.CO.ID — Pilkada Kolaka Timur (Koltim) dan Konawe Selatan (Konsel) akan berlangsung tanpa bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati yang maju melalui jalur independen alias perseorangan. Komisi Pemilihan Umum (KPU) dua kabupaten itu resmi menutup penyerahan syarat dukungan bapaslon perseorangan, kemarin.

Komisioner KPU Konsel, Asriani menyerahkan berita acara pleno penutupan jadwal penyerahan syarat dukungan bapaslon perseorangan kepada anggota Bawaslu Konsel Awaluddin, kemarin (24/2).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Koltim, Suprihaty Prawaty Nengtias mengatakan, tak ada figur yang menyerahkan syarat dukungan untuk maju calon perseorangan. Lembaganya telah melakukan pleno sekaligus menututup penyerahan syarat dukungan yang disaksikan Bawaslu Koltim dan staf KPU Sultra. “Otomatis anggaran juga tidak digunakan. Sebab anggarannya melekat di anggaran calon secara keseluruhan,” katanya.

Terpisah, Koordinator Divisi Teknis KPU Koltim, Anhar menambahkan hasil pleno menyatakan dengan status tidak terdapat atau tidak ada bapaslon perseorangan yang menyerahkan syarat dukungan.

Sementara itu, Komisioner KPU Konsel, Asriani mengatakan hingga batas yang telah ditentukan berdasarkan PKPU nomor 16 tahun 2019, belum ada bakal calon perseorangan yang menyerahkan syarat dukungan. Sehingga secara otomatis, untuk jalur independen di Pilkada Konsel tanpa bapaslon dan resmi ditutup.

Ia mengurai batas minimum syarat dukungan perseorangan untuk Konsel; 20.284 daftar pemilih tetap (DPT). Jumlah itu adalah 10 persen dari jumlah DPT pada Pilkada 2015 lalu mencapai 202.838 . Dukungan itu minimal tersebar di 13 Kecamatan dari 25 kecamatan di Konsel.

“Sebelumnya, kita menerima konfirmasi satu nama bakal calon perseorangan bernama Ahmad Baso yang berniat menggunakan jalur independen. Sayangnya, hingga deadline penyerahan dokumen pencalonan perseorangan, yang bersangkutan tidak menyerahkan dokumen pencalonan,” tutupnya. (kus/kam/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy