Piawai Kelola Anggaran, Pemkab Butur Sudah Dua Kali Raih WTP – Kendari Pos
Buton Utara

Piawai Kelola Anggaran, Pemkab Butur Sudah Dua Kali Raih WTP

KENDARIPOS.CO.ID — Pemkab Buton Utara (Butur) dalam kendali Bupati Abu Hasan piawai mengelola anggaran dan aset daerah. Prestasi itu berbuah penghargaan dari Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Sultra. Dua opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam genggaman Abu Hasan. Takni WTP tahun 2017 dan 2018.

Bupati Butur, Abu Hasan mengatakan, capaian tersebut adalah hasil kerja keras dan kesungguhan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Butur dalam pelaporan keuangan daerah. “Harus saya akui, selama 12 tahun Butur menjadi daerah otonomi namun pembangunan terus kita pacu. Bukan hanya infrastruktur, tetapi juga pelaporan keuangan dan pemerintahan harus maksimal,” ujar Abu Hasan.

Bupati Butur saat menerima penghargaan dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani atas raihan opini WTP tahun anggaran 2017 dan 2018 yang diserahkan Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sultra, Ririn Kadariyah (kiri) tahun 2019.

Mantan Karo Humas Pemprov Sultra itu mengungkapkan, raihan penghargaan WTP dua kali merupakan kerja kolektif semua pihak lingkup Pemkab Butur. Dan opini WTP adalah sebuah keniscayaan. “Syaratnya laporan keuangan harus sesuai standar akuntansi, kecukupan bukti, sistem pengendalian internal, dan ketaatan perundang-undangan. BPK melakukan tiga jenis pemeriksaan keuangan. Pertama pemeriksaan keuangan, pemeriksaan kinerja, dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu,” terangnya.

Hasil pemeriksaan keuangan dimaksudkan untuk memberikan opini apakah laporan keuangan sudah disajikan secara wajar sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP). “Saya menargetkan tata kelola keuangan tahun 2019, Butur kembali mendapatkan WTP dari BPK,” tandasnya. (had/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy