Persiapan Rampung, SMPN 10 Kendari Siap UNBK – Kendari Pos
Edukasi

Persiapan Rampung, SMPN 10 Kendari Siap UNBK

Ruslan

KENDARIPOS.CO.ID — SMPN 10 Kendari telah siap menyelenggarakan ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Seluruh persiapan hampir rampung, tersisa perangkaian jaringan internet yang telah dijadwalkan pekan depan oleh pihak sekolah. Seluruh siswa juga telah diberikan jam pelajaran tambahan sebagai persiapan menghadapi ujian nasional.

Kepala SMPN 10 Kendari, Ruslan menjelaskan, persiapan UNBK di sekolah yang ia pimpin sudah sangat siap, dengan menggunakan tiga ruangan, bersama komputer dan laptop yang sudah siap. “Sarana prasarana sudah siap semua, sisa merangkai jaringan internet ke seluruh komputer. Minggu depan kita sudah akan memasan jaringannya, kita sudah berkoordinasi dengan Telkom, karena awal Maret itu sudah dilakukan gladi bersih,” terangnya.

Sebanyak 321 peserta yang terdaftar akan dibagi tiga sesi. “Kita gunakan kelas dan perpusatakaan untuk ujian. Nah, untuk mencukupi jumlah komputer, maka guru-guru membantu mencarikan laptop, dan kalau masih kurang, kita sudah berbicara dengan orang tua untuk meminjam laptop untuk anaknya ujian. Artinya semua kekurangan sudah kami anstisipasi, tinggal menunggu waktu ujiannya,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga berupaya menjaga kemungkinan terburuk, bila listrik mati. “Seharusnya setiap sekolah punya Genset, sebagai antisipasi bila terkendala listrik, walaupun telah bekerjasama dengan PLN. Tapi, Genset sekolah itu tidak bisa menggunakan dana BOS, jadi kita harus siapkan anggaran untuk menyewa jika sewaktu-waktu ada kendala listrik,” tuturnya.

Nah, pihaknya juga memperketat keamanan sekolah, untuk menjaga komputer dan laptop ujian. “Ya, untuk keamanan, ada tiga satpam yang siap bermalam di sekolah, dan terkadang juga ada guru ikut berjaga di sekolah. Apalagi dulu pernah terjadi kecurian di sekolah ini, tapi alhamdulillah sejak saya menjadi kepala sekolah disini sejak tiga tahun lalu, sudah tidak ada kejadian seperti itu,” beber dia.

Ia pun berharap, para siswa bisa melaksanakan UNBK dengan lancar. “Makanya, dalam gladi nanti akan benar-benar kita perhatikan anak-anak yang sudah terbiasa dengan komputer dan yang belum. Jadi, anak yang sudah bisa, boleh mengajarkan temannya cara melakukan UNBK nanti, karena memang ada sebagian anak yang masih asing dengan komputer, utamanya anak kurang mampu,” pungkasnya.(hel/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy