Persembahan Karya Safei-Jayadin di HUT ke 60 Kabupaten Kolaka – Kendari Pos
Kolaka

Persembahan Karya Safei-Jayadin di HUT ke 60 Kabupaten Kolaka

KENDARIPOS.CO.ID — Hari ini, Kabupaten Kolaka genap berusia 60 tahun. Perkembangan daerah berjuluk Bumi Mekongga itu dari tahun ke tahun begitu pesat. Apalagi sejak dinakhodai duet Bupati Ahmad Safei dan Wakil Bupati Muh. Jayadin selama dua periode.

Memimpin Kolaka sejak tahun 2014, duet tersebut telah menghasilkan karya monumental yang luar biasa bagi pembangunan di Bumi Mekongga. Sembilan program prioritas yang tertuang dalam Strategi Mekongga Sejahtera, Bekerja dan Berkarya (SMS Berjaya), duet Ahmad Safei-Jayadin tidak hanya sukses membangun infrastruktur fisik, namun membangun sumber daya manusia (SDM).

Bupati Kolaka, H.Ahmad Safei mengungkapkan, pihaknya telah membangun sarana dan prasarana peningkatan layanan kesehatan. Dari 12 kecamatan, Pemkab Kolaka menyediakan 14 puskesmas. “Beberapa puskesmas melayani rawat inap dan semuanya sudah terakreditasi. Bahkan, Puskesmas Pomalaa terakreditasi paripurna dan itu adalah predikat tertinggi dan pertama di Sultra,” ungkapnya kepada Kendari Pos, Jumat (28/2).

Mantan Sekda Kolaka ini menambahkan, pada aspek pelayanan kesehatan, Pemkab Kolaka membangun RSUD SMS Berjaya representatif nan megah di Kelurahan Tahoa. “RSUD SMS Berjaya ini adalah rumah sakit regional dan menjadi rumah sakit rujukan beberapa daerah dan sudah mulai melakukan pelayanan. Di RS ini kami siapkan fasilitas modern khusunya alat cuci darah,” jelas Ahmad Safei.

Pembangunan infrakstruktur pertanian dalam arti luas dan perhubungan jalan serta jembatan terus digenjot. Sehinga tidak heran, jalanan di Bumi Mekongga kini mulus. Akses jalan memadai itu turu menopang dinamisasi roda perekonomian daerah semakin meningkat.

Ahmad Safei mengatakan, tujuan pembangunan jalan tidak sekedar untuk penampilan, tetapi tujuan utamanya yaitu memperlancar akses agar kegiatan perekonomian dapat berjalan lancar. Untuk itu pihaknya juga melakukan perbaikan akses jalan ke sentra produksi. Sehingga para warga dapat dengan mudah memasarkan hasil perkebunannya.

“Apa gunanya di jalan utama bagus, tapi akses menuju ke sentra produksi tidak bagus. Makanya kami juga akan menyelesaikan persolan itu dengan berupaya membangun jalanan yang dapat menghubungkan antara ibu kota kabupaten dan kecamatan, ibu kota kecamatan dengan desa, serta jalan di desa. Olehnya itu sejak menjadi bupati 2014 lalu, kami mengaspal jalan di setiap kecamatan. Sekira 2 kilometer per tahun,” bebernya.

Lanjut Safei, dirinya tidak hanya ingin membangun fisik di Bumi Mekongga, tetapi juga membangun SDM. Olehnya itu, pihaknya juga memprogramkan peningkatan nilai agama dan pendidikan sebagai program prioritas. “Apa gunanya fisik dibangun kalau SDM nya tidak berkualitas. Alhamdulillah pembangunan SDM di Kolaka berjalan baik. Lihat saja, banyak hafiz asal Kolaka yang juara di tingkat nasional bahkan tingkat internasional,” bebernya.

Puncak peringatan HUT ke-60 Kabupaten Kolaka digelar dalam upacara di Alun-alun Sembilan Belas November Kolaka, hari ini, Sabtu (29/2). Persiapan teknis dimatangkan panitia HUT Kolaka.

Sekretaris Panitia HUT ke-60 Kabupaten Kolaka, Arifin Jamal mengungkapkan, peringatan upacara HUT Kolaka dipersiapkan secara matang. Upacara HUT Kolaka tahun ini akan lebih meriah dibanding tahun sebelumnya. Upacara memperingati hari jadi Bumi Mekongga kali ini, panitia menyiapkan ribuan undangan

.

“Upacara tahun ini akan lebih ramai karena akan dihadiri 6.000 peserta upacara dari berbagai kalangan. Kami juga telah menyebar 2.000 undangan. Diantara undangan tersebut, ada beberapa kepala daerah yang sudah mengkonfirmasi untuk hadir, seperti Bupati Kolaka Utara, Bupati Kolaka Timur, dan Bupati Bombana,” ujar Arifin Jamal kepada Kendari Pos, Jumat (28/2).

Kabag Pemerintahan Setda Kolaka itu berharap perayaan HUT Kolaka tahun ini dapat terlaksana lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Olehnya itu, ia meminta seluruh pihak untuk turut menyukseskan HUT ke 60 Kabupaten Kolaka. Ia juga berharap agar perayaan hari jadi Bumi Mekongga tahun ini dapat berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyrakat Kolaka.

(fad/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy