Penyaluran Melalui e-Warung, Kuota Bansos Pangan Bertambah 5 Ribuan – Kendari Pos
Metro Kendari

Penyaluran Melalui e-Warung, Kuota Bansos Pangan Bertambah 5 Ribuan

KENDARIPOS.CO.ID — Kuota bantuan sosial (Bansos) pangan untuk Sultra mengalami peningkatan. Tahun ini, keluarga penerima manfaat (KPM) yang mendapat bantuan program yang dulunya bernama Raskin ini mencapai 150.953 KK. Dari 17 kabupaten/kota, Konawe Selatan (Konsel) menjadi penerima terbesar sekitar 20 ribuan. “Alhamdulillah, kuota Bansos bertambah. Dibanding tahun 2019 lalu, penerima Bansos bertambah sekitar 5 ribuan KK,” beber Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sultra, Armunanto saat ditemui di gedung DPRD Sultra, Rabu (26/2).

Paket bansos pangan yang disalurkan lanjut mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sultra ini, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tidak hanya beras, KPM juga menerima telur dan barang sembako. Jika ditotal, paket bansos pangan bernilai Rp 150 ribu. Penyalurannya dilaksanakan setiap tanggal 20 bulan berjalan. “Jadi, tiap bulan KPM menerima paket bansos pangan. Penyalurannya kini melalui e-Warung. Di Sultra, hampir setiap desa atau kelurahan sudah dibentuk oleh Himpunan Bank Negara (Himbara) yang dikoordinasikan dengan Dinsos kabupaten/kota. Himbara terdiri dari BNI, BNI dan Mandiri,” jelasnya.

Setiap e-Warung kata dia, akan melayani 250 s.d 300 KPM. Setiap bulannya, penerima bantuan tinggal mengambil sesuai dengan kebutuhan. Untuk beras dan telor, pemerintah telah menunjuk Bulog. Sementara daging, ikan dan sembako lainnya, bisa disuplai dari masyarakat maupun KPM ke e-Warung. “Tidak hanya bantuan, program ini juga ingin memberdayakan masyarakat. Jadi, KPM bukan hanya jadi subjek namun juga objek. Kualitas beras dan telur pun terjamin. Sebab yang disalurkan itu jenis premium,” jelasnya. (c/rah/mal)

Penyaluran Bansos Pangan di Sultra

Keluarga Penerima Manfaat 150.953 KK
Konsel Terbesar 20 Ribuan KK
Satu Paket Sembako Rp 150 Ribu
Dibagikan Setiap Bulan Tanggal 20 Bulan Berjalan
Penyaluran E-Warung
Pelayanan E-Warung 250 s.d 300 KPM

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy