Pengidap HIV/AIDS di Baubau Capai 25 Kasus – Kendari Pos
Bau-bau

Pengidap HIV/AIDS di Baubau Capai 25 Kasus

Marfiah Tahara

KENDARIPOS.CO.ID — Sebaran penyakit akibat Human Immunodeficiency Virus (HIV)/Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) di Kota Baubau, cukup mengkhawatirkan. Tak hanya pada mereka yang memiliki tingkat risiko tinggi, namun juga menjangkit ke ibu rumah tangga (IRT). Prihatinnya, IRT yang terserang HIV itu dalam kondisi hamil dan kini telah melahirkan bayi. Virus mematikan itu disebarkan sang suami.

“Satu orang ibu hamil dan telah melahirkan. Kondisi anaknya belum bisa dideteksi apakah tertular HIV atau tidak. Pemeriksaan baru bisa dilakukan saat usia bayi 18 bulan,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P), Dinkes Kota Baubau, Marfiah Tahara, Rabu (12/2). IRT yang mengidap HIV itu adalah satu dari 25 kasus penderita AIDS temuan Dinkes pada tahun 2019. Aktivitas keseharian IRT itu berada di rumah yang banyak mengurus kehidupan rumah tangga. Ia tertular melalui hubungan intim bersama suaminya yang pulang dari perantauan.

“Mereka tidak tahu kalau suaminya mengidap HIV, sehingga kemudian terjangkit. Kebanyakan perantau yang menderita HIV adalah pekerja dari bagian Timur Indonesia dan Luar Negeri,” ungkap Marfiah Tahara. Mereka yang teridentifikasi mengidap HIV/AIDS adalah remaja dan pekerja di tempat hiburan malam. “Dari 25 kasus tersebut 21 kasus sudah kategori AIDS dan empat kasusnya lagi HIV,” sambung wanita berhijab itu. Deteksi 25 kasus itu diperoleh melalui tes HIV yang diinisiasi petugas kesehatan. Pemeriksaan dilakukan di Rumah Sakit, Puskesmas, Lapas, dan di lapangan (tempat hiburan malam).

Kemudian mereka yang positif mengidap diberikan penanganan sesuai prosedur. “Kalau cepat dideteksi, maka segera ditangani. Bagi yang positif kita berikan antiretroviruz (ARV) untuk melemahkan dan menghambat perkembangbiakan virus. Sehingga peluang penularannya sedikit,” tandas Marfiah Tahara. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy