Penerapan Tapping Box di Buton Belum Maksimal – Kendari Pos
Buton

Penerapan Tapping Box di Buton Belum Maksimal

KENDARIPOS.CO.ID — Alat perekam transaksi pajak menjadi salah satu inovasi unggulan di sektor perpajakan. Sebagian besar daerah di Indonesia sudah menggunakan alat yang populer dengan sebutan tapping box itu. Rumah makan, restoran dan hotel-hotel akan efektif penarikan pajaknya. Di Kabupaten Buton, terobosan pemungutan pajak itu belum maksimal. Sejauh ini dari sekitar 60 rumah makan yang ada di ibu kota kabupaten, Pasarwajo baru sembilan objek pajak yang dipasangi tapping box.

“Kita sudah ada enam rumah makan dan tiga hotel. Tapi memang belum maksimal, karena ini baru tahap sesialisasi,” kata Kepala Bapenda Buton, Taufik T, kemarin. Dia melanjutkan, banyak pemilik tempat usaha mengeluh karena pelanggannya “lari” setelah adanya pajak itu. Pihaknya akan membentuk tim khusus bagian sosialisasi dan evaluasi tapping box. “Tahun kita akan lebih intens lagi sosialisasinya. Akan kita bentuk tim untuk pengawasan juga. Supaya penerapannya lebih efektif,” tambahnya.

Di Buton khususnya di Pasarwajo masih kata mantan Kadis Kominfo ini ada kurang lebih 60 rumah makan. 20 diantaranya sudah siap dipasangi tapping box. Alat perekam pajak itu disiapkan melalui kerja sama dengan BPD. “Jadi alatnya itu BPD yang pasang, tahun ini 20 alat siap dipasang,” terangnya. Sementara itu pajak rumah makan dan perhotelan kata Taufik menjadi salah satu sektor unggulan PAD. “PAD kita ini sumbernya dari PBB, rumah makan juga ini besar potensinya hanya memang belum maksimal,” ujarnya tanpa menyebut berapa nilai potensi dimaksud. (c/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy