Penerapan Tanda Tangan Elektronik Belum Maksimal di Sultra – Kendari Pos
Metro Kendari

Penerapan Tanda Tangan Elektronik Belum Maksimal di Sultra

KENDARIPOS.CO.ID — Pengurusan administrasi kependudukan di Sultra tak lagi ribet. Sejak tahun 2019, Dinas Kependudukan dan Catatan sipil (Dukcapil) se-Sultra telah menerapkan sistem pelayanan berbasis digital. Salah satunya penggunaan Tanda Tangan Elektronik (TTE). Hanya saja, pengunaan TTE belum bisa diterapkan pada semua item. Di Sultra, baru Buton Tengah (Buteng) yang menerepkan Go digital berbasis TTE ke sembilan item. Kepala Disdukcapil Sultra, H. Ismail Lawasa mengaku telah menindaklanjuti intruksi Ditjen Dukcapil Kemendagri menyangkut penerapan sistem pelayanan berbasis digital sejak 2019. Tahun ini, bakal dioptimalkan lagi. Sebab belum semuanya TTE diterapkan di sembilan item layanan.

“Sejak tahun lalu, 17 daerah di Sultra telah menerapkan Go Digital berbasis TTE. Namun belum semua item bisa menggunakan TTE. Dari 9 item, ada kabupaten yang hanya memenuhi dua item. Baru satu Kabupaten yang itemnya lengkap sembilan yakni Buteng. Daerah lain 3 hingga 8 item. Untuk Wakatobi, belum ada laporan,” kata Ismail Lawasa.

Penggunaan TTE kata dia, meliputi sembilan layanan yakni Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kelahiran, Akta Kematian, akta perkawinan, akta perceraian, akta pengesahan anak, akta pengakuan anak dan SKPWN atau domisili. Saat ini, sebagian besar daerah belum menerapkan TTE untuk pelayanan KIA. Dari 17 daerah, hanya Konawe dan Buteng. “Kita akan upayakan tahun ini. Nantinya akan kita diskusikan kendala yang dihadapi. Dengan begitu, 9 item layanan bisa terapkan TTE,” ujarnya.

Pemda kata dia, terus mendorong Dukcapil melakukan inovasi demi terciptanya layanan administrasi kependudukan (Adminduk) yang lebih baik. Tidak hanya untuk memudahkan pelayanan, namun ini bagian dari upaya Dukcapil memanfaatkan teknologi. Di satu sisi, pengunaan TTE ini bisa mengefisiensi waktu. “Ada atau tidak adanya Kadisnya, proses administrasi dapat terus berlanjut. Tanda tangan sudah dengan sistem elektronik, bukan tanda tangan basah lagi. Ini sebagai upaya percepatan pelayanan kepada masyarakat yang jauh lebih efektif dan efisien,” pungkasnya. (b/rah)

Layanan Kependudukan yang Terapkan TTE
Kabupaten/Kota Pelayanan TTE Kabupaten/Kota Pelayanan TTE
Kolaka 2 Item Kolaka Timur 8 Item
Konawe 7 Item Konkep 4 Item
Muna 3 Item Muna Barat 3 Item
Buton 3 Item Buton Tengah 9 Item
Konawe Selatan 2 Item Buton Selatan 2 Item
Bombana 8 Item Kota Kendari 3 Item
Kolaka Utara 8 Item Kota Baubau 4 Item
Konawe Utara 3 Item Buton Utara 4 Item

Wakatobi (belum melaporkan)

Sumber Data : Disdukcapil Sultra

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy