Penentuan Pj Sekab Muna Tunggu Putusan Gubernur – Kendari Pos
Muna

Penentuan Pj Sekab Muna Tunggu Putusan Gubernur

LM. Rusman Emba

KENDARIPOS.CO.ID — Pemegang mandat Sekretaris Kabupaten (Sekab) Muna kini kembali kosong. Masa tugas Penjabat Sementara, Ali Basa, juga sudah berakhir. Ali Basa mengemban posisi tersebut sejak 12 Agustus dan diperpanjang lagi pada 18 November 2019. Ia ditunjuk Bupati Muna, LM. Rusman Emba setelah melalui persetujuan Gubernur Sultra, Ali Mazi untuk mengisi kursi yang ditinggalkan Nurdin Pamone. Pengisian kembali jabatan tersebut kini menjadi kewenangan Gubernur.

Bupati Muna, Rusman Emba menerangkan, ia sebenarnya sudah mengusulkan kembali tiga nama calon pejabat baru pada Gubernur Sultra. Mereka adalah Kepala Bappeda, La Mahi, Inspektur, La Kuanto dan Kepala Dinas PUPR, Edy Uga. Hanya saja, regulasi pengisian penjabat Sekab Kabupaten kini telah berganti dengan merujuk pada Peraturan Presiden (Perpres) No.3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda).

Perpres yang diteken pada 2 Februari 2018, itu untuk melaksanakan ketentuan dalam UU 9 Tahun 2015 tentang Pemerintahan Daerah. “Saya berharap dari tiga nama yang diusulkan itu, tetapi ternyata regulasinya berubah. Kewenangan itu sudah diambil alih Gubernur sesuai regulasi baru,” katanya, Minggu (23/2).

Perpres 3 tahun 2018 itu mengatur dalam hal jabatan Sekda kabupaten/kota mengalami kekosongan selama enam bulan maka penunjukan penjabat ditentukan oleh Gubernur. Karena aturan itu, Rusman mengaku sudah berkoordinasi dengan Ali Mazi di Kendari. Dirinya selanjutnya tinggal menunggu keputusan Gubernur. Sementara tugas Sekab untuk sementara waktu masih dilaksanakan oleh Ali Basa sebagai pelaksana harian. “Kita menunggu saja siapa yang ditunjuk,” terangnya.

Gubernur sendiri akan menunjuk pejabat dari pegawai dengan pangkat Pembina I golongan IV/b. Pejabat itu akan bertugas menyiapkan pelaksanaan lelang untuk menjaring Sekab definitif. “Kita berharap secepatnya lelang bisa digelar. Sekarang sedang disiapkan seluruh berkasnya,” pungkasnya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy