Pendaftaran Seleksi PPS Dibuka : Konsel Butuh 1.053 PPS, Koltim 399 – Kendari Pos
Politik

Pendaftaran Seleksi PPS Dibuka : Konsel Butuh 1.053 PPS, Koltim 399

Pelamar calon PPS menyerahkan berkas pendaftaran di KPU Konsel, kemarin (18/1).

KENDARIPOS.CO.ID — Pendaftaran seleksi penerimaan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kolaka Timur (Koltim) dan Konawe Selatan (Konsel) telah dibuka, 18 Februari. Setidaknya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konsel akan menerima 1.053 PPS dan Koltim membutuhkan 399 PPS.

Ketua KPU Kabupaten Konsel, Aliudin mengungkapkan, pelaksanaan perekrutan PPS pada Pilkada tahun ini berbeda dari sebelumnya. Perekrutan PPS sebelumnya harus melalui rekomendasi dari pemerintah desa terkait, namun untuk tahun ini tanpa rekomendasi. “Ini berdasarkan hasil rapat koordinasi KPU se-Indonesia yang berlangsung di Yogyakarta beberapa waktu lalu. Seleksi ini, terbuka bagi siapa saja yang berkompeten. Tidak pakai rekomendasi lagi,” ungkapnya.

Hal tersebut dilakukan guna memberi ruang bagi seluruh masyarakat Konsel untuk ikut berkompetisi. Namun tetap memperhatikan keterwakilan perempuan sekitar 30 persen. Aliudin mengatakan pihaknya mencari 1.053 calon PPS terbaik untuk disebar di 351 desa dan kelurahan di Konsel. “Nantinya mereka akan mengikuti tes tertulis dan wawancara. Setiap desa, kita mencari 3 orang. Jadi kalau 351 desa berarti sekira 1.053 yang akan diterima,” rincinya.

Ia menambahkan bila pendaftar seleksi PPS kurang dari dua kali jumlah PPS yang dibutuhkan setiap desa. Maka, pihaknya akan memperpanjang masa pendaftaran. “Minimal 6 orang dalam satu desa, jadi ada calon Pejabat Antar Waktu (PAW). Ini dilakukan mengantisipasi hal-hal tertentu. Misalnya anggota PPS tiba-tiba mengundurkan diri, maka otomatis sudah ada calon penggantinya,” terangnya.

Sementara itu, Ketua KPU Koltim, Suprihaty Prawaty Nengtias mengatakan setiap desa atau kelurahan, butuh tiga petugas PPS. Di Koltim, terdapat 133 desa dan kelurahan, maka anggota PPS yang dibutuhkan berjumlah 399 orang.

Dia menambahkan, PPS yang dibutuhkan adalah yang memiliki integritas dan sumber daya manusia (SDM) mumpuni. Pasalnya, PPS tugasnya bersifat teknis seperti pemutakhiran data pemilih, koordinasi di mana lokasi tempat pemungutan suara (TPS), hingga proses distribusi logistik. (kam/kus/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy