Pencairan Dana Desa di Konsel Terkendala Perbup – Kendari Pos
Konawe Selatan

Pencairan Dana Desa di Konsel Terkendala Perbup

KENDARIPOS.CO.ID — Pencairan dana desa (DD) yang dialokasikan Pemerintah Pusat melalui APBN, kini sudah masuk ke rekening Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel). Meski demikian, DD untuk 336 desa tersebut belum dapat dicairkan ke rekening masing-masing untuk dimanfaatkan. Ada kendala administrasi dan sejumlah peraturan serta tahapan pengelolaan dana yang belum dirampungkan. Salah satunya Peraturan Bupati (Perbup) terkait pengelolaan dana desa itu. Hal tersebut diakui Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Konsel, Dr. Sahlul, Kamis (27/2).

“Keterlambatan ini bukan disengaja, tapi ada penyesuaian administrasi yang perlu dibenahi terlebih dahulu yakni Perbup terkait tata kelola dan alokasinya,” jelasnya, Terkait Perbup, kata Sahlul, Pemkab belum bisa membuatnya karena masih menunggu hasil sinkronisasi data nama desa dengan pemerintah pusat.

“Ada perbedaan data nama desa antara Kementerian dan daerah yang dikirim oleh Pemerintah Pusat. Jadi kami masih menunggu dulu hasil konsultasi. Nanti sudah sinkron datanya baru kita buatkan Perbupnya,” jelasnya. Ia mengaku, perbedaan data nama desa terjadi di Kecamatan Laonti. Desa Laonti sebagai desa difinitif telah hilang dan terganti dengan Matabondu yang statusnya masih desa persiapan, pecahan Desa Tambolosu.

“Makanya ini salah satu alasan kita belum buatkan Perbupnya karena harus ada sinkronisasi data dulu. Setelah itu baru kita buatkan peraturan dengan menghitung sesuai luas wilayah dan jumlah penduduk desa,” sambungnya. Meski begitu, pihaknya akan terus berupaya menyelesaikan persoalan tersebut dan mempercepat pencairan dana transfer pusat.

“Inikan baru bulan Februari. Insya Allah dalam waktu dekat persoalan itu sudah akan diselesaikan. Karena sudah ada dari DPMD Konsel yang konsultasi ke pusat terkait hal ini,” katanya. Menyangkut tata kelola, kata Sahlul, pihaknya meminta para Kades yang belum menyelesaikan pertanggungjawabannya untuk segera menuntaskan. Agar pencairan DD cepat terlaksana.

“Memang sebagian besar desa yang ada di Konsel, pencairan tahap tiga tahun 2019 dicairkan bulan Desember dan LPJ-nya agak terlambat. Sambil Inspektorat melakukan pemeriksaan dan desa juga mempersiapkan APBDes-nya,” tutupnya. (c/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy