Pemukiman Warga di Tahura Nipa-nipa Bakal Direlokasi – Kendari Pos
Metro Kendari

Pemukiman Warga di Tahura Nipa-nipa Bakal Direlokasi

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Relokasi pemukiman warga di kawasan Tahura Nipa-nipa kembali digagas. Selain daerah terlarang, pembukaan hunian di kawasan ini mulai berdampak kerusakan lingkungan. Sejumlah titik longsor mulai mengancam warga yang tinggal di kaki gunung kawasan Tahura Nipa-nipa.

Plt Kepala Dinas Kehutanan, Sahid mengatakan relokasi pemukiman warga di kawasan Hutan Tahura Nipa-nipa telah direncanakan sejak lama. Pasalnya, imbas dari pemukiman itu bisa menyebabkan longsor. Hanya saja, belum terealisasi. “Pemerintah sudah mengambil langkah. Waktu zamannya pak Nur Alam, beliau pernah berusaha meyakinkan masyarakat untuk direlokasi,” katarnya ditemui di Kompleks Kantor DPRD Sultra, Selasa (25/2)

Namun upaya Pemprov saat itu sambungnya, belum berhasil. Masyarakat tetap bertahan untuk menempati kawasan tersebut. Padahal Pemprov telah menyiapkan lahan relokasi. Padahal warga tak punya hak atas lahan tersebut. Namun mereka berkeras dengan alasan tanah di kawasan Tahura Nipa-nipa merupakan tanah leluhur. “Kalau merujuk aturan, kawasan itu dilarang menjadi tempat pemukiman,” ujarnya.

Meski menuai penolakan, Pemprov ters berupaya meyakinkan masyarakat agar mau meninggalkan kawasan tersebut. Untuk relokasi, pihaknya perlu koordinasi dengan Pemkot Kendari. Di sisi lain, TNI-Polri perlu dilibatkan. Untuk penertiban, perlu dibentuk tim terpadu.

“Prinsipnya kita terus meyakinkan dengan cara sosialisasi. Kita jelaskan ancaman bencana longsor di depan mata. Tidak hanya masyarakat yang berada dikawah kawasan hutan tersebut. Namun, mereka yang juga tinggal dikawasan tersebut terancam dengan bencana longsong itu,” jelasnya.

Sebelumnya, Anggota DPRD Sultra Sudirman mengungkapkan aspirasi masyarakat yang berada dibawah kawasan hutan Tahura Nipa-nipa yang ketakutan dengan ancaman tanah longsong. “Apalagi akan memasukin musim penghujan. Mereka meminta agar hunian yang berada dikawasan Tahura Nipa-nipa dapat direlokasi dan mengembalikan fungsi hutan seperti sebagaimana mestinya,” tungkasnya. (b/yog)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy