Pemprov Sultra Salurkan Bantuan Bagi Rumah Tak Layak Huni – Kendari Pos
Metro Kendari

Pemprov Sultra Salurkan Bantuan Bagi Rumah Tak Layak Huni

KENDARIPOS.CO.ID — Pertumbuhan ekonomi Sultra terus menanjak naik setiap tahunnya. Bahkan saat ini sudah melampaui angka rata-rata pertumbuhan nasional yakni 7 persen. Meski begitu, masih banyak warga miskin menunjukan bahwa kesenjangan ekonomi masih begitu kental di Bumi Anoa. Pemerintah mengambil perannya dengan memberikan berbagai bantuan sebagai stimulus untuk perbaikan taraf hidup mereka.

Salah satu bantuan dimaksud yakni bantuan bedah rumah. Rumah-rumah warga yang tidak ‘nyaman’ ditinggali di rejuvenasi. Warga tentu sangat menyambut itu, meskipun yang butuh jauh lebih banyak dari pada yang mendapat bantuan.

Pemerintah memastikan program bedah rumah itu akan dilakukan secara berkelanjutan. Gubernur Sultra, H. Ali Mazi SE mengaku semasa kampanye lalu, ia sudah berkeliling Sultra. Melihat dari dekat kondisi masyarakat di tiap kabupaten kota. Menurutnya, memang masih banyak rumah warga yang butuh uluran tangan. Makanya, sejak saat itu Ia berkomitmen untuk mengalokasikan anggaran daerah untuk membedah rumah tak layak huni itu.
Terpilih lalu Ia dilantik 5 September lalu bersama pasangannya Lukman Abunawas. Janji politik pun langsung ditunaikan. Ali Mazi tak mau menunggu APBD induk di 2019. Akhir tahun 2018 lalu, program bedah rumah itu direalisasikan.

“Kita upayakan pemerintah itu selalu hadir di semua lapisan masyarakat. Program bedah rumah ini saya kira sangat bermanfaat karena langsung ke sasaran, tidak pakai perantara lagi, masyarakat kita tidak kasih uang melaikan rumahnya langsung dibedah, diatap kalau yang belum pakai seng, dikasih tembok kalau yang sudah lapuk dindingnya,” ungkap gubernur dua periode itu.

Lanjut dia, tahun 2018 lalu, Pemprov Sultra melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (DPKPP) merehabilitasi 125 unit rumah tidak layak huni (RTLH) yang ada di enam kabupaten dan kota masing-Masing 20 unit per daerah. Anggarannya mencapai Rp 1,8 miliar. “Karena baru program 100 hari kita, maka 6 kabupaten dulu. Karena yang terpenting juga tepat sasaran, makanya saya instruksikan sebelum di lampu hijau itu ditinjau dulu,” tambahnya. (adv)

Bedah Rumah Dilakukan Berkala

Gubernur Sultra, Ali Mazi mulai merealisasikan perang melawan kemiskinan. Lewat gagasan pembangunan bernama gerakan akselarasi pembangunan daratan lautan (Garbarata), ia bersama Wakilnya, Lukman Abunawas telah membedah ratusan rumah warga tak layak huni tahun 2018 lalu. Mereka akan terus melakukan bedah rumah warga miskin secara berkala. Apalagi, bedah rumah menjadi salah satu poin dari penjabaran visi dan misi duet Ali Mazi-Lukman. Pasangan berakronim AMAN itu menempatkan bantuan masyarakat miskin dalam 5 pilar Sultra Emas. Kini, program itu mulai dinikmati masyarakat yang berhak menerimanya.

Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas mengungkapkan Sultra Beriman dan Berbudaya, Sultra Sehat, Sultra Cerdas, Sultra Produktif dan Sultra Bantuan Masyarakat Miskin adalah lima sektor pembangunan prioritas yang akan menjadi fokus kebijakan pemerintah periode 2018-2023.

Menurut Lukman semua sektor itu saling keterkaitan satu sama lain, seperti bedah rumah. Masayarakat yang sudah menghuni rumah layak, maka mereka sudah bisa lebih produktif. “Tadinya uangnya untuk bikin rumah, sekarang rumahnya sudah dibantu pemerintah maka sudah bisa dialihkan ke kebutuhan yang lebih produktif lagi. Contoh, bisa jadi modal usaha atau bisa buat pendidikan anak,” jelasnya.

Olehnya itu, kata dia program bantuan masyarakat miskin akan dilakukan secara berkelanjutan. Sebab merupakan salah satu program unggulan dan akan terus diprioritaskan. “Rumah yang belum dapat tahun ini, berdoa saja tahun depan ada lagi. Semoga APBD kita selalu meningkat supaya dana untuk pembangunan juga semakin besar,” kata mantan bupati Konawe dua periode itu. (lyn/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy