Pemkot Kendari Bakal Atur Pemasangan Papan Reklame – Kendari Pos
Metro Kendari

Pemkot Kendari Bakal Atur Pemasangan Papan Reklame

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kota Kendari, Erlis Sadya Kencana

KENDARIPOS.CO.ID — Pemasangan papan reklame di Kota Kendari tak lagi serampangan. Kini, pemasangannya harus merujuk pada Peraturan Wali kota (Perwali) nomor 56 tahun 2019. Dalam Perwali tersebut disebutkan adanya pembatasan atau zona bebas pemasangan reklame seperti papan billboard, megatron dan bando. Lokasi tersebut ialah sarana peribadatan, pemerintahan dan lembaga pendidikan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kota Kendari, Erlis Sadya Kencana mengatakan regulasi pemasangan konstruksi reklame disesuaikan dengan tata ruang Kota Kendari. Kebijakan ini juga akan menjadi acuan teknis dan operasional pembangunan konstruksi yang akan dilakukan oleh pelaku bisnis. “Melalui Perwali ini akan memberikan kejelasan terkait kepastian hukum terhadap reklame, baik sanksi dan aturan lainnya terkait estetika dan keindahan kota,” ungkap Erlis, Minggu (10/2).

Bagi reklame yang sudah terlanjur terpasang di lokasi yang tidak boleh diperuntukan sesuai Perwali, Erlis menjelaskan, akan tetap diberlakukan. Tetapi hal ini, pihaknya, akan memberikan kompromi sesuai perjanjian dengan pelaku usaha dan sampai waktu izin telah habis, maka untuk mengurus izin baru harus mengikuti ketentuan Perwali.

“Mereka akan kita beri kesempatan sampai habis. Karena sebelumnya mereka sudah melakukan pembayaran melalui Dinas Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (P2RD). Sampai waktunya habis, baru mengikuti aturan baru,” jelasnya.

Dalam Perwali tersebut juga mengatur tentang lama pemasangan reklame dan ukurannya. Selain itu masih banyaknya reklame yang ada di lokasi pendidikan masih harus menunggu izinnya habis, dan baru kemudian dipindahkan sesuai Perwali. “Kedepannya kita tidak ingin lagi melihat reklame bertebaran di wilayah pendidikan, peribadatan maupun pemerintahan,” pungkasnya. (c/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy