Pemkab Muna Target Kuota CPNS Terisi – Kendari Pos
Muna

Pemkab Muna Target Kuota CPNS Terisi

Pj. Sekab Muna Ali Basa (kiri) didampingi Sekretaris BKPSDM Muna, Jumrad ketika
meninjau kesiapan pelaksanaan tes SKD CPNS di gedung eks Akademi Perawat, kemarin

KENDARIPOS.CO.ID — Peserta tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Muna mulai mengikuti ujian seleksi kompetensi dasar (SKD) di gedung eks Akademi Keperawatan. Secara bergelombang, 4.118 peserta akan diurai menjadi 38 sesi selama sembilan hari pelaksanaan SKD terhitung mulai tanggal 13 sampai 21 Februari 2020. Pemkab berharap pada tahun ini seluruh kuota daerah bisa terisi. Pelaksanaan SKD ikut dipantau langsung Pj. Sekretaris Kabupaten Muna, Ali Basa, yang turut didampingi Sekretaris Badan Kepegawaian dan Peningkatan Sumber Daya Manusia, Jumrad.

Ali Basa berharap 236 kuota CPNS yang diberikan pusat dapat terisi penuh. “Kita maunya setiap formasi ada yang isi. Karena kuota itu tidak mudah didapatkan,” jelasnya, Kamis (13/2). Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Muna itu membagi tips agar peserta dapat menjawab soal dengan maksimal. Pertama, peserta harus bekerja dengan tenang dan tidak tergesa-gesa. Setiap soal harus dipahami dengan baik sebelum memilih jawaban. Kedua, peserta juga harus bisa membagi waktu antara tiga model pertanyaan yakni tes wawasan kebangsaan, tes inteligensi umum dan tes potensi akademik. Manajemen waktu diperlukan supaya 90 menit waktu yang tersedia bisa digunakan sebaik mungkin untuk menjawab 100 butir soal.

“Kuncinya tenang dan fokus. Jangan lupa berdoa,” imbaunya. Ali Basa menyebutkan, peserta CPNS Kabupaten Muna tidak saja diikuti oleh pelamar lokal, melainkan juga diisi oleh pemburu NIP luar daerah. Pemkab tetap memberi kesempatan yang sama bagi siapa saja yang ingin mengabdi di Muna. Pelaksanaan tes yang dipusatkan di Raha juga berkat kebijakan Bupati, LM. Rusman Emba yang memikirkan efisiensi biaya yang harus dikeluarkan peserta. Juga termasuk kuota yang ada saat ini merupakan wujud perhatian daerah pada masyarakat yang butuh kesempatan kerja sebagai PNS.

“Makanya, baik lokasi tes maupun kuota yang ada harus disyukuri dengan cara di perjuangkan agar terisi. Pemkab sudah membantu membawa kuota dengan banyak, saatnya peserta yang berjuang,” jelasnya. CPNS Muna sendiri menyediakan 236 kuota dengan rincian distribusi peserta per formasi antara lain 11 pelamar untuk kuota satu tenaga teknis, 891 peserta untuk 54 kuota formasi kesehatan dan 3.216 peserta untuk 181 formasi guru. “Seperti penerimaan sebelumnya, setelah SKD, akan ada lagi tes SKB,” timpal Jumrad, Sekretaris BKPSDM Muna.

Peserta tes harus memenuhi nilai minimum masing-masing tahapan seleksi atau disebut passing grade. Peserta tahun ini sedikit lebih dimudahkan dengan kebijakan penurunan nilai tersebut. Pemerintah telah mengambil kebijakan dengan menetapkan nilai tes potensi akademik sebesar 126, nilai tes wawasan kebangsaan 65 dan tes inteligensi umum 80. Pada seleksi 2018 lalu, 30 kuota tidak terisi. Peserta yang lulus seleksi hanya 260 orang dari 290 kuota yang tersedia. “Kita berharap dengan passing grade begitu semua bisa terisi,” imbuhnya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy