Pemkab Muna Jamin Keterbukaan Informasi Publik – Kendari Pos
Muna

Pemkab Muna Jamin Keterbukaan Informasi Publik

Dahlan Kalega


KENDARIPOS.CO.ID — Pererintah Kabupaten (Pemkab) Muna berkomitmen lebih meningkatkan transparansi penyelenggaraan pemerintahan pada tahun ini. Keran informasi publik akan dibuka pada masyarakat yang ingin mengetahui progres pembangunan daerah. Dengan keterbukaan itu, konsep pembangunan partisipatif diyakini bisa tercapai. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Muna, Dahlan Kalega, menuturkan, transparansi tersebut akan diwujudkan dengan dua hal. Mulai dari pembenahan sistem informasi internal pemerintah dan memberi kemudahan kepada insan pers mengakses informasi untuk disebarluaskan ke publik. Dua kebijakan itu akan berlaku lebih intensif pada tahun 2020.

“Kita memahami pemerintahan perlu mendapat pengawasan, baik dari pers maupun masyarakat. Tetapi sebelum itu, kami juga menyiapkan sistem informasi interen Pemkab dalam bentuk elektronik goverment,” jelas Dahlan di ruang kerjanya, Senin (10/2). Pembenahan informasi internal itu diwujudkan dalam bentuk pemerintahan berbasis teknologi informasi atau disebut elektronik goverment. Saat ini, perencanaan tersebut tengah dimatangkan. “Dalam waktu dekat akan diluncurkan. Sekarang masih tahap penyempurnaan infrastruktur jaringan ke seluruh instansi,” jelasnya.

Penerapan e-goverment sendiri dilakukan dengan membekali akun kepada setiap OPD untuk mengakses website Munakab.co.id yang disediakan Pemkab. Website itu akan menampilkan program kerja baik tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Untuk lebih futuristik, OPD juga disarankan mengunggah berita dari media mainstream. “Supaya lebih terbuka, masyarakat bisa memantau langsung,” paparnya. (c/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy