Pemkab Konut Dukung Sensus Penduduk Online – Kendari Pos
Konawe Utara

Pemkab Konut Dukung Sensus Penduduk Online

Ruksamin

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Konawe Utara (Konut) akan menggelar sensus penduduk (SP) tahun ini secara online. Dalam SP yang akan dilaksanakan, BPS berkolaborasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Konut. “SP yang dilakukan merekam langsung data penduduk, menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menuju satu data kependudukan Indonesia (de facto dan de jure),” ujar Kepala BPS Konut, Maswiah.

Selain itu, SP juga bertujuan menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk serta karakteristik penduduk lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk dan indikator SDGs. Sehingga tidak menimbulkan perbedaan data antara BPS dan Direktorat Jenderal (Ditjen) Dukcapil. “Makanya dukungan dari Pemkab maupun seluruh OPD, pemerintah di wilayah administrasi terkecil dan masyarakat Konut sangat dibutuhkan. Sehingga SP yang dilaksanakan dapat terlaksana sesuai perencanaan,” sambungnya.

Maswiah menambahkan dalam sensus penduduk pelaksanaannya dibagi dalam dua tahap. Yakni 15 Februari hingga 31 Maret bakal dilakukan sensus secara online. Sedangkan pada Juli nanti, sensusnya dilakukan di rumah warga. “Untuk sensus online akan ada kolaborasi dengan data Disdukcapil Konut. Dalam artian datanya dari adminduk yang diolah di pusat nanti pada saat sensus online,”sambungnya.
Semua warga negara Indonesia wajib disensus, minimal satu tahun berdomisili di wilayah tempat tinggalnya.

Sementara itu, Bupati Konut, Ruksamin mengapresiasi kebijakan SP yang dilakukan secara online. Selaku perwakilan Pemkab, ia menegaskan siap memberikan dukungan agar pelaksanaan SP 2020 berjalan sukses.
“SP ini merupakan dasar penyusunan kebijakan pemerintah dalam pembangunan SDM, infrastruktur, penyederhanaan regulasi dan birokrasi, serta transformasi ekonomi,” pungkasnya. (b/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy