Pemkab Konsel Mudahkan Perizinan Investor – Kendari Pos
Konawe Selatan

Pemkab Konsel Mudahkan Perizinan Investor

Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga saat mengikuti Rakornas di Jakarta terkait peningkatan investasi menuju Indonesia Maju.

KENDARIPOS.CO.ID — Mewujudkan program peningkatan investasi bagi Indonesia Maju seperti yang digaungkan Pemerintah Pusat, maka Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi para pelaku usaha untuk menanamkan modal di otoritanya. “Baik itu pelaku usaha lokal, domestik maupun investor asing yang akan masuk di daerah,” ungkap Surunuddin usai mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) bersama Presiden Joko Widodo terkait investasi tahun 2020 di The Ritz Carlton, Pasific Place, Jakarta, akhir pekan lalu.

Menurut Konsel-1 ini, peningkatan investasi dan penanaman modal dapat diwujudkan dengan mempermudah izin usaha. Sehingga diharapkan banyak investor yang akan membuka usaha dan berdampak positif bagi peningkatan perekonomian masyarakat. Surunuddin menyampaikan, Pemerintah Pusat dan Daerah akan menyiapkan strategi bersama dalam rangka meningkatkan investasi di tanah air.
“Sesuai instruksi Presiden, Pemda harus mempermudah izin pelaku usaha yang ingin menanam investasi di daerah, termasuk sarana dan prasarana yang berhubungan,” jelasnya.

Diakuinya, jauh hari sebelumnya, Pemkab Konsel telah melakukan upaya sinkronisasi program pusat itu. “Ditahun kedua menjabat sebagai bupati, saya telah memerintahkan pada pihak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) untuk menerapkan pelayanan berbasis online system submission (OSS) atau perizinan usaha yang terintegrasi secara elektronik,” ungkapnya.

Mantan Ketua DPRD Konsel ini memaparkan, aplikasi OSS dapat mengintegrasikan para investor atau pelaku usaha lainnya secara nasional, termasuk dengan KTP-el, Pajak, BPJS Tenaga kerja serta Kesehatan. “Juga terintegrasi langsung dengan sistem KemenkumHAM serta Kemenkeu,” bebernya. Makanya, ia merespon positif dan menyambut baik semua pesan penting yang disampaikan Presiden Joko Widodo pada saat Rakornas yang diinisiasi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI tersebut. “Tentu dengan masuknya investor juga dapat berimplikasi pada peningkatan perekonomian masyarakat dengan terbukanya lapangan kerja. Dengan demikian, harapan pemerintah pusat dan daerah dapat terwujud, salah-satunya, terealisasinya kesejahteran ekonomi masyarakat,” tandas Surunuddin yang saat Rakornas didampingi Sekretaris Kabupaten, H. Sjarif Sajang, serta Kepala DPM-PTSP, I Putu Darta, termasuk Kabag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan, Erna Yustiana. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy