Pemkab Konsel Minta Linmas Diaktifkan – Kendari Pos
Konawe Selatan

Pemkab Konsel Minta Linmas Diaktifkan

Ilustrasi


KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) melalui Badan Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP-Damkar) akan mengaktifkan kembali peran Perlindungan Masyarakat (Linmas) pada tiap desa. Hal tersebut sebagai tindak lanjut arahan Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga dalam upaya menciptakan ketertiban dan keamanan lingkungan di masyarakat desa.

“Linmas memang sudah lama terbentuk pada tiap desa, hanya saja kurang aktif. Sehingga ini akan kembali diberdayakan. Sesuai aturan Permendagri, setiap desa personel Linmasnya minimal berjumlah 10 orang,” ungkap Kepala Badan Satpol PP dan Damkar Konsel, H. Amran, kemarin. Mantan Kepala Badan Kesbangpol Konsel ini mengatakan, terkait pengadaan atribusi Linmas, rencananya akan dibebankan melalui dana desa (DD) jika tidak bertentangan dengan aturan.

“Karena ini urusan wajib keamanan dan ketertiban lingkungan di desa,” sambungnya. Pihaknya nanti tinggal melakukan pembinaan terhadap petugas Linmas. “Sejauh ini kami juga sudah melaksanakan pelatihan Linmas namun baru beberapa desa dari perwakilan kecamatan yang dilibatkan,” jelas Amran. Pihaknya akan berkordinasi dengan pimpinan pada 25 kecamatan untuk merealisasikan hal tersebut.
“Tahun ini sudah harus berjalan, Bupati Konsel juga sudah perintahkan untuk membuat surat edaran ke tiap desa. Apalagi dalam rangka menghadapi Pilkada, Linmas sangat diperlukan,” bebernya.

Saat ini Amran mengaku mulai menginventarisasi beberapa desa yang peran Linmasnya belum aktif. Nantinya, mereka akan turun langsung melakukan pembinaan, dengan harapan ada inisiatif dari kepala desa dan camat terkait rencana tersebut. (c/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy