Pemkab Kolut Bakal Serahkan 13 Unit Perahu Nelayan – Kendari Pos
Kolaka Utara

Pemkab Kolut Bakal Serahkan 13 Unit Perahu Nelayan

Tahun ini pihak Dinas Perikanan Kolut akan mengadakan dan menyalurkan bantuan perahu serta alat tangkap untuk meningkatkan hasil produksi nelayan di wilayah tersebut.

KENDARIPOS.CO.ID — 13 unit perahu akan diserahkan pada nelayan di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) melalui program pengadaan tahun ini. Tidak hanya itu, sejumlah alat tangkap serta mesin juga dianggarkan melalui pembiayaan dana alokasi khusus (DAK) dan dana alokasi umum (DAU).

Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kolut, Askar, mengatakan, dari DAK terdapat delapan unit kapal penangkap ikan 2 Gross Tonage (GT) dan dua unit 3 GT lengkap dengan alat tangkapnya. Pihaknya juga mengadakan 10 unit pancing rawe (seribu mata pancing) serta cool box (kotak pendingin) 26 unit. “Ini khusus bantuan pengadaan melalui DAK,” katanya, Kamis (13/2).

Sementara itu dari plot DAU, ada pengadaan kapal tangkap 0,5 GT sejenis sampan dua unit dan dua unit 4 GT. Sedangkan khusus mesin disebutkan 6,5 Paardenkracht (PK) lima unit dan 12 PK sebanyak 4 unit. “Selebihnya itu kita adakan Gilnet dasar 14 unit,” bebernya. Untuk total DAK tahun ini dikatakan sebesar Rp. 947.496.500, inklud dengan belanja barang.

Adapun DAU yang sementara ia ketahui khusus di seksi kapal senilai Rp. 483. 071.000. Armada bantuan itu diperkirakan mulai dilakukan kontrak dan paling lambat April mendatang sudah ditender. “Penyalurannya nanti disesuaikan waktu dan tempat. Kapal jenis kayu dan dikerja di Lasusua,” pungkas Askar. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy