Pemkab Koltim Bidik Nilai B LAKIP – Kendari Pos
Kolaka Timur

Pemkab Koltim Bidik Nilai B LAKIP

Tony Herbiansyah

KENDARIPOS.CO.ID — Laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (LAKIP) menjadi penting bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Makanya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) dalam penyusunan indikator kinerja utama (IKU) dengan melibatkan seluruh perangkat OPD yang ada. Bupati Koltim, H. Tony Herbiansyah, menegaskan, usai kegiatan itu para pimpinan OPD harus dapat menyusun laporan kinerja berdasarkan standar LAKIP tersebut.

“Sistem ini menjadi instrumen bagi KemenPAN-RB untuk mereview dan menilai kinerja Pemkab Koltim. Makanya semua OPD harus serius melengkapi data-data yang dibutuhkan sesuai waktu yang diberikan. Saya optimis LAKIP Pemkab Koltim bisa naik dari CC menjadi B,” yakin Tony, Selasa (18/2). Ia berharap, sebelum batas waktu yang diberikan, semua SKPD menyelesaikan tugasnya. Sehingga pada tanggal 31 Maret 2020 mendatang, semua sudah tuntas. Di tempat yang sama, Kabag Ortala Koltim, Irwan, menjelaskan, Bimtek merupakan langkah awal dalam meningkatkan pemahaman OPD terkait indikator kinerja utama dalam penilaian LAKIP tiap tahun. Output akan dimasukan dalam sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) yang dinilai KemenPAN-RB.

Dia mengatakan, tahun lalu LAKIP Koltim hanya mendapat nilai CC atau sekitar 50 poin. “Makanya dalam Bimtek kali ini kita datangkan pemateri dari Tim Penilai LAKIP Nasional dan juga dari Inspektorat Provinsi Sulawesi Tenggara,” kata mantan Kabid Pemdes DPMD Koltim itu, kemarin. Tim Penilai LAKIP Nasional, Nur Intan Cahya, mengaku siap membantu Pemkab Koltim meningkatkan nilai LAKIP. “Saya percaya dengan bimbingan yang dilakukan ini, bisa menaikan nilai dari CC menjadi B,” katanya. (b/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy