Pemkab Kolaka Diimbau Naikkan Honor Guru Mengaji dan Imam – Kendari Pos
Kolaka

Pemkab Kolaka Diimbau Naikkan Honor Guru Mengaji dan Imam

Syaifullah Halik

KENDARIPOS.CO.ID — Salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka adalah peningkatan nilai agama. Untuk itu, sejumlah Taman Pendidikan Quran (TPQ) didirikan pada sejumlah desa dan kelurahan. Harapannya, para generasi Muslim di Bumi Mekongga itu dapat mengaji. Sayangnya, para guru mengaji di TPQ dianggap belum menerima honor sepadan dengan tugasnya yang telah mengajarkan para anak-anak membaca kitab suci Islam.

“Saya telah menerima usulan dari masyarakat agar pemerintah menaikkan honor guru mengaji dan imam masjid. Usulan tersebut saya terima hampir di semua desa dan kelurahan di bagian utara Kolaka yang saya kunjungi saat reses baru-baru ini,” ungkap Anggota Komisi III DPRD Kolaka, Syaifullah Halik, kemarin. Ketua Fraksi Gerindra itu juga menyarankan kepada Pemkab Kolaka, jika kondisi keuangan daerah memungkinkan, maka usulan kenaikan honor tersebut harus segera direalisasikan.

Apalagi kata dia, para guru mengaji dan imam ini juga mempunyai peran besar untuk menyukseskan salah satu program prioritas Pemkab Kolaka yaitu peningkatan nilai agama. “Memang honor guru mengaji dan imam masjid yang ditanggung oleh Pemkab Kolaka itu hanya yang ada di kelurahan saja. Sedangkan yang di desa itu ditanggung oleh pemerintah desa. Tapi besaran pembayarannya berdasarkan Perbup yang dikeluarkan oleh Bupati Kolaka karena dana desa ada juga yang bersumber dari APBD. Jadi kami ingin usulan ini segera direspon,” pinta Syaifullah.

Sementara itu, Kabag Kesra Setkab Kolaka, Hj. Andi Wahidah menuturkan, untuk tahun 2020 kali ini usulan kenaikan honor guru mengaji dan imam masjid tersebut belum dapat dipenuhi. Alasannya, kondisi keuangan daerah saat ini tidak memungkinkan untuk dilakukan peningkatan honor tersebut. “Jadi untuk tahun ini honor guru mengaji dan imam masjid belum ada kenaikan. Imam kelurahan tetap mendapat Rp 500 ribu per bulan dan guru mengaji Rp 300 ribu tiap bulan,” tuturnya. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy