Pemkab dan BPS Buton Komitmen Sukseskan Sensus Penduduk – Kendari Pos
Buton

Pemkab dan BPS Buton Komitmen Sukseskan Sensus Penduduk

Suasana rapat koordinasi dan sosialisasi sensus penduduk yang dilakukan Kepala BPS Buton, La Ode Haris Sumba (kiri) bersama Bupati, La Bakry (tengah). Saat ini proses pendataan secara online mulai dilakukan hingga 31 Maret mendatang

KENDARIPOS.CO.ID — Indonesia mencatat penduduk setiap 10 tahun. Setelah 2010 lalu, kini waktunya data penduduk tersebut diperbarui kembali. Secara nasional sensus penduduk itu mulai disosialisasikan leading sektornya yakni Badan Pusat Statistik (BPS). Di Buton, sensus dimulai di rumah dinas Bupati, La Bakry pada hari pertama 15 Februari lalu. Selanjutnya, diikuti dengan masyarakat lainnya.

Pemkab Buton bersama BPS dan instansi terkait sudah menggelar Rakor untuk berkomitmen menyukseskan pencatatan penduduk yang mendiami wilayah eks Kesultanan Buton itu. Kepala BPS Buton, La Ode Haris Sumba, menjelaskan, pelaksanaan SP tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Jika biasanya BPS mendata penduduk dari rumah ke rumah, kini BPS mempermudah masyarakat dengan aplikasi sistem online.

“Masyarakat bisa mengikuti sensus penduduk secara mandiri dengan mengisi data di laman sensus.bps.go.id. atau juga menunggu kehadiran petugas di rumah masing-masing,” katanya, Rabu (19/2). Jadwal sensus secara online dimulai sejak 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Sedangkan sensus secara konvensional baru dimulai pada Juli 2020. “Kita berharap karena ada dua cara sensusnya bisa lebih cepat dan efektif,” sambungnya.

Sementara itu, Bupati Buton, La Bakry, menginstruksikan seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemkab untuk terlibat aktif menyukseskan sensus penduduk tahun 2020. “Sensusnya sudah dimulai tapi pasti masih banyak masyarakat yang belum tahu ini. Oleh karena itu yang sudah tahu harus menjadi media informasi bagi lainnya. Sosialisasinya harus masif, biar sampai ke pelosok sana,” ajaknya.

Sensus penduduk kata Ketua DPD II Golkar Buton ini bertujuan untuk mengetahui jumlah penduduk suatu wilayah, berdasarkan jenis kelamin, kelompok umur termasuk pendidikan. “Hasilnya nanti bisa digunakan pemerintah daerah sebagai dasar perencanaan pembangunan,” tambahnya. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy