Pemeriksaan Kesehatan CJH Baubau Mulai Dilakukan – Kendari Pos
Bau-bau

Pemeriksaan Kesehatan CJH Baubau Mulai Dilakukan

Kepala Kantor Kemenag Kota Baubau, H. Rahman Ngkaali


KENDARIPOS.CO.ID — Kuota calon jamaah haji (CJH) Kota Baubau tahun ini sudah diketahui. Kementerian Agama (Kemenag) menetapkanya jatah 172 orang. Jumlah itu merupakan pembagian dari 2.100 total kuota haji di Sulawesi Tenggara. Kini, seluruh masyarakat yang mendaftar haji dan masuk dalam daftar tunggu kuota keberangkatan, bisa mempersiapkan diri.

Kepala Kantor Kemenag Kota Baubau, H. Rahman Ngkaali, mengatakan, saat ini pihaknya sudah mengumumkan kuota tersebut. Pertemuan dengan para calon jamaah haji telah dilakukan. “Mereka sudah tahu. Bahkan saat ini telah masuk tahap pemeriksaan kesehatan pertama,” ujarnya, kemarin. Menurut Rahman Ngkaali, dalam pemeriksaan medis, Kemenag Baubau melibatkan tiga Puskesmas di Wajo, Betombari dan Wameo. Tahap pengecekan telah dimulai sejak beberapa hari lalu dan berakhir Senin (10/2).

“Kalau ada ditemukan mengidap penyakit serius yang berhubungan dengan virus menular, maka kita rekomendasikan keberangkatannya untuk ditunda. Begitu pula dengan wanita hamil. Tetapi kalau hanya sakit biasa itu tidak ada masalah,” jelasnya. Disebutkan, 172 kuota haji itu belum paten karena masih berpeluang bertambah. Khususnya usulan tambahan untuk kuota haji Lansia. Namun semua itu masih menunggu informasi dari Kemenag RI.

“Kemudian dari jumlah 172 itu ada cadangan 10 persen dari jumlah kuota. Itu untuk mengantisipasi jangan sampai ada jamaah yang membatalkan keberangkatannya. Entah itu karena sakit, meninggal dunia atau menunda karena ingin berangkat bersama keluarganya,” terangnya. Rahman Ngkaali menambahkan, berkaitan dengan ongkos naik haji (ONH), seluruh CJH belum ada yang melakukan pelunasan. Alasannya masih menunggu keputusan Presiden (Kepres) tentang jumlah pelunasan sesungguhnya. “Kita perkirakan Mei nanti para calon jamaah haji sudah bisa melakukan pelunasan ONH,” pungkasnya. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy