Peduli Pasien Penderita Gizi Buruk, Samahuddin Instruksikan Tiga Instansi Rawat Sarlan – Kendari Pos
Buton Tengah

Peduli Pasien Penderita Gizi Buruk, Samahuddin Instruksikan Tiga Instansi Rawat Sarlan

Bupati Buteng, Samahuddin (tengah, pakai peci) menjenguk Sarlan (kiri), bocah penderita gizi buruk di RSUD Buteng, Jumat (14/2). Bupati Buteng, Samahuddin memerintahkan manajemen RSUD Buteng, Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan merawat dan menyediakan bantuan bagi Sarlan.

KENDARIPOS.CO.ID — Sense of human Bupati Buton Tengah (Buteng) Samahuddin sangat peka. Ketika tahu ada warganya yang susah, Samahuddin segera tergerak dan turun tangan membantu. Samahuddin sungguh peduli dan meluangkan waktunya menjenguk Sarlan, bocah yang didiagnosa menderita gizi buruk.

Sarlan yang kini di rawat intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Buteng masih terlihat lemas. Matanya nanar. Baju ukuran
anak usia 7 tahun, terlihat kebesaran dipakai Sarlan. Berat badannya hanya sekira 8 kilogram. Tulang dadanya menonjol di balik kulit mudanya. “Saya datang untuk melihat keadaan Sarlan dan memastikan Sarlan mendapat perawatan intensif. Sungguh Sarlan ini butuh perawatan yang intensif. Dan sekarang sudah ditangani pihak RSUD,” ujar Bupati Buteng, Samahuddin di RSUD Buteng, Jumat (14/2).

Samahuddin menggali keterangan dari keluarga yang menunggui Sarlan. Samahuddin menjamin Sarlan dirawat intensi. Bahkan dia memerintahkan tiga instansi, RSUD, Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan agar memastikan Sarlan kembali sehat.

Tiga lembaga itu diperintahkan memberikan pelayanan terbaik kepada Sarlan. “Saya ingin kesehatan anak ini kembali normal.Manajemen RSUD, Dinas Kesehatan, dan Dinas Sosial saya perintahkan untuk selalu standby dan merawat Sarlan,” ungkap Samahuddin.

Kepala RSUD Buteng, dr.Karyadi berjanji memaksimalkan perawatan Sarlan sebaik-baiknya. Tenaga dokter akan selalu siaga. “Perawatan Sarlan akan selalu kita optimalkan. Dokter akan stand by dan rutin mengecek kondisi kesehatannya setiap saat,” janji Karyadi.

Biaya perawatan Sarlan, menurut Karyadi ditanggung sepenuhnya oleh Pemkab Buteng melalui fasilitas BPJS Kesehatan. “Melihat keadaan keluarga, maka kami berinisiatif mengurus BPJS Kesehatan untuk Sarla,” kata dr.Karyadi.

Hasil diagnosa sementara, Sarlan tak hanya menderita gizi buruk. Dokter anak, dr. Agus Budiarto menjelaskan Sarlan memiliki beberapa riwayat penyakit atau mengalami komplikasi penyakit. Olehnya itu perlu perawatan khusus dan proses penyembuhannya dimungkikan butuh waktu lama. “Bukan hanya gizi buruk. Salah satu penyakit Sarlan adalah Anemia atau kurang darah,” jelas Dr.Agus Budiarto.

dr.Agus menjelaskan berat badan Sarlan hanya 8 kilogram. Idealnya 15 kilogram dengan anak usia tujuh tahun. “Kami usahakan, berat badan Sarlan bisa 15 kilogram. Kalau sudah mencapai angka itu, maka otomatis kesehatannya bisa kita pulihkan,” tuturnya. Menurut dr.Agus, pasien Sarlan mesti mendapat penanganan dehidrasi, asupan makanan dan cek darah setiap saat.(rud/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy