Patriot Pajak Siap Turun Lapangan – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Patriot Pajak Siap Turun Lapangan

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah melalui proses yang cukup panjang, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kendari telah berhasil merekrut 18 Patriot Pajak. Mereka yang terpilih ini akan membantu dalam melayani asistensi pengisian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) wajib pajak di area Kota Kendari. Untuk memastikan kesiapan mereka sebelum turun lapangan, KPP Pratama Kendari telah melakukan pembekalan pada Senin (10/2) kemarin.

Patriot Pajak terpilih saat mengikuti pembekalan sebelum turun lapangan untuk melakukan sosialisasi pengisian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) wajib pajak di lingkup Kota Kendari, Senin (10/2).

“Salah satu tugas KPP Pratama adalah melakukan penyuluhan kepada seluruh wajib pajak. Bukan hanya wajib pajak yang terdaftar, melainkan juga calon wajib pajak. Melalui program Patriot Pajak, kami memberikan edukasi tentang masalah pajak. Harapannya, para peserta bisa memiliki pengetahuan dasar tentang pajak,” ujar Kepala KPP Pratama Kendari, Joko Ruhutomo saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin. Lanjut dia, pelibatan mahasiswa aktif dalam program Patriot Pajak tidak hanya bertujuan untuk membantu wajib pajak terdaftar memenuhi kewajiban pajaknya. Secara tidak langsung, mahasiswa akan belajar banyak tentang pajak sehingga bisa berguna bagi mereka di masa mendatang.

Patriot Pajak akan ditugaskan turun lapangan dengan frekuensi dua kali seminggu di tempat-tempat tertentu. Misalnya instansi pemerintah hingga tempat-tempat umum yang ramai pengunjung seperti mall dan pasar. “Mereka akan bertugas selam satu setengah bulan. KPP Pratama mendapatkan tenaga bantuan, sedangkan mahasiswa yang menjadi Patriot Pajak bisa menambah pengetahuan dan pengalaman terkait perpajakan,” imbuhnya. Sebelumnya, program serupa pernah dilaksanakan oleh KPP Pratama Kendari. Namun, saat itu hanya memberdayakan mahasiswa magang. Berbeda dengan tahun ini di mana KPP Pratama mengadakan pendaftaran terbuka. Dari 872 pendaftar, hanya 300 peserta yang mengikuti seleksi ujian. Dari jumlah tersebut, tercatat 40 orang lulus hingga tahap wawancara hingga akhirnya hanya 18 orang yang terpilih.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, ungkap Joko, kehadiran Patriot Pajak yang dulu disebut relawan, sangat berpengaruh terhadap peningkatan jumlah wajib pajak yang melaporkan pajaknya. “Pelibatan mahasiswa untuk sosialisasi pelaporan pajak bukan karena karena kami kekurangan tenaga. Ini adalah bagian dari inovasi untuk meningkatkan pemahaman kaum muda terkait pentingnya pajak. Dengan keikutsertaan mahasiswa juga jangkauannya akan lebih luas. Sebelum tes, kami mengirimkan materi kepada 872 pendaftar. Secara tidak langsung kami sudah melakukan sosialisasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pajak,” pungkasnya. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy