Pantai Toronipa Dipersiapkan Jadi Terminal Penghubung – Kendari Pos
Metro Kendari

Pantai Toronipa Dipersiapkan Jadi Terminal Penghubung

Pemprov Sultra menggagas Pantai Toronipa menjadi terminal akses wisata di Sultra. Grand desain pembangunan pariwisata akan dimulai tahun 2020 ini.

KENDARIPOS.CO.ID — Sektor wisata kini menjadi perhatian serius Pemprov Sultra. Tidak hanya membenahi fasilitas, Pemprov mulai membangun locus yang menghubungkan akses destinasi wisata di Sultra. Pasalnya, akses penghubung menjadi kendala objek wisata di Sultra kurang dilirik. Untuk itulah, Pemprov telah mempersiapkan Pantai Toronipa menjadi terminal yang menghubungkan akses wisata di Sultra.

Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, La Ode Ahmad Pidana Balombo mengatakan wajah pariwisata Sultra, sesungguhnya tak kalah dengan wisata lain di Indonesia seperti halnya yang ada di pulau Bali. Hanya, belum adanya penataan serta kurangnya promosi menyebabkan pariwisata di bumi anoa ini masih belum menjadi fokus kunjungan wisatawan.

“Seluruh stake holder harus melek pariwisata. Jadi dalam setiap program mereka bisa sekaligus menyisipkan spot-spot pariwisata. Jadi, tidak hanya bekerja untuk mengurus OPD nya masing-masing. Tetapi juga ada penjuru pariwisata yang juga perlu kita kembangkan,”terangnya.

Program strategis kepariwisataan sambungnya, harus sejalan dengan kemajuan industri di Sultra. Bagaimana mempromosikan pariwisata yang sifatnya atraktif, menarik sehingga seluruh potensi pariwisata itu bisa terpenuhi. “Jadi orang-orang begitu punya niat wisata ke sini, kembalinya pun sama. Kita mengajak mereka bukan hanya datang berkunjung tapi bagaimana kita tumbuhkan kesan untuk datang lagi,”terangnya.

Plt Kepala Dinas Priwisata Sultra, Gusti Panca mengatakan destinasi wisata di Sultra terus dikembangkan. Pemerintah telah locus yang menghubungkan akses wisata di Sultra. Terminalnya nantinya akan berada di Pantai Toronipa. Untuk percepatan itu, seluruh OPD bersama-sama merancang program. Di mana programnya mengerucut bagaimana menbuat pariwisata Toronipa menjadi terminal untuk menjangkau seluruh destinasi yang ada di Sultra.

“Semua bekerjasama. Jadi ini akan bertahap dan berkelanjutan. Grand desain pembangunan pariwisata akan dimulai tahun 2020 ini. Dalam pengembangannya, semua OPD akan terlibat didalamnya,”tutupnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy