PAN Sultra Kompak Dukung Zulkifli Hasan – Laman 2 – Kendari Pos
Nasional

PAN Sultra Kompak Dukung Zulkifli Hasan

Sementara itu, pengamat politik Sultra, Dr.Muh. Najib Husain memprediksi dukungan Ketua Majelis Pertimbangan Pusat (MPP) PAN, Amien Rais kepada Mulfachri Harahap sebagai pemenang Kongres V PAN bisa saja meleset.

“Dukungan Amien Rais terhadap salah satu calon dalam setiap kongres selalu berbuah kemenangan. Tapi di kongres Sultra ini bisa terjadi sebaliknya. Bisa saja untuk pertama kalinya, dukungan Amien Rais meleset,” ungkap akademisi Fisip Universitas Halu Oleo (UHO) itu.

Hal tersebut bukan tanpa alasan kata Najib. Mengingat pemilihan Sultra sebagai tuan rumah kongres kali ini merupakan keinginan kuat dari Ketua Umum PAN, Zulhas–yang juga calon ketua umum–yang melihat bahwa Sultra merupakan daerah netral.”Tentu harapannya bahwa bisa memengaruhi atmosfer kongres di Sultra,” ujarnya.

Meski begitu, hadirnya Mulfachri Harahap dalam gelanggan pemilihan ketua umum jangan dipandang remeh. Dia salah satu kandidat kuat karena mendapat dukungan penuh dari Amien Rais yang juga sesepuh dan pendiri PAN. “Mulfachri diuntungkan berkat dukungan Amien yang biasanya dimana arah dukungannya, disitulah kemenangan akan jatuh. Dukungan tersebut juga sebenarnya bukan tanpa alasan. Tidak lain karena ada koalisi yang dibangun antara Mulfachri Harahap dan Amien Rais, yaitu menggandengkannya dengan anaknya (Hanafi Rais) sebagai calon Sekjen PAN,” jelas Najib.

Najib berharap, melalui kongres kali ini, PAN bisa menemukan pemimpin yang punya bargaining position pada kekuasaan. Kongres harus bisa menghasilkan pemimpin yang bisa menentukan arah Indonesia ke depannya. “PAN membutuhkan sosok pemimpin yang dapat membesarkan partai dan membawa PAN masuk tiga besar dalam Pemilu 2024,” pungkas Najib.

Prediksi serupa datang dari pengamat politik Universitas Indonesia, Ade Reza Hariyadi. Zulkifli Hasan diprediksi bakal kembali terpilih menjadi ketua umum PAN lewat Kongres PAN di Kendari, Sultra. “Yang jelas, petahana pasti punya keuntungan-keuntungan politik dibanding kandidat yang lain,” katanya saat dihubungi JPNN.com.

Setidaknya ada tiga keuntungan Zulkifli sebagai petahana.
Pertama, petahana memiliki kekuasaan administratif, sekaligus organisatoris yang memungkinkan untuk memobilisasi dukungan politik secara lebih efektif.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy