Pajak UMKM Beromzet Rp 4,8 M Turun – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Pajak UMKM Beromzet Rp 4,8 M Turun

KENDARIPOS.CO.ID — Bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang mempunyai penghasilan di bawah Rp 4,8 miliar setahun, berhak mendapatkan penurunan tarif Pajak Penghasilan (PPh) sebesar 0,5 persen. Informasi itu diungkapkan oleh Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kendari, Joko Ruhutomo, Jumat (21/2).

Ia mengatakan, aturan ini bukan hanya untuk UMKM, melainkan termasuk juga perusahaan yang omsetnya masih di bawah Rp 4,8 miliar dalam satu tahun wajib mendaptkan tarif pajak 0,5 persen. Bagi pengusaha yang bergerak di bidang konstruksi maupun konsultansi, aturan ini menjadi pengecualian. Mereka tidak bisa mendapatkan pajak 0,5 persen walaupun perorangan karena pengusaha yang bergerak di bidang tersebut sudah mempunyai tarif khusus.

Kepala KPP Pratama Kendari, Joko Ruhutomo dalam kegiatan Bimbingan Teknis Perpajakan bagi Aparatur Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di lingkungan kabupaten Kolaka dan Kota Kendari, beberapa waktu lalu.

“Lain halnya dengan perorangan yang bergerak di bidang perdagangan entah itu dilakukangan UMKM maupun tokoh-tokoh itu selama omsetnya dibawah Rp 4,8 miliar tetap berhak mendapatkan 0,5 persen,” ujarnya, kemarin.

Dia menambahkan, tarif pajak UMKM ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2018 tentang Pajak Penghasilan atas penghasilan dari usaha yang diterima atau diperoleh wajib pajak yang memiliki peredaran bruto tertentu. “PP tersebut menggantikan PP sebelumnya Nomor 46 Tahun 2013. Sementara aturan turunannya dalam bentuk Peraturan Menteri Keuangan (PMK) mengenai pajak UMKM, dijanjikan akan segera terbit,” pungkasnya. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy