Nilai Tukar Rupiah Melemah – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Nilai Tukar Rupiah Melemah

Rupiah

KENDARIPOS.CO.ID — Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (AS) pada pembukaan perdagangan di pasar spot pada Selasa (4/2) lalu mengalami pelemahan. Pada penutupan perdagangan, Rupiah berada di level Rp 13.742 per Dolar AS, melemah 0,633 persen atau 87 poin.

Humas KPw Bank Indonesia (BI) Sultra, Dedi Prasetyo mengatakan, perubahan pasar dipengaruhi oleh berbagai sentimen. Salah satunya adalah wabah virus Corona yang hingga kini telah menyebar ke berbagai negara. Ketika ekonomi Cina yang merupakan negara endemik virus ini terganggu, maka akan turut mempengaruhi ekonomi global.

“Cina adalah negara ekonomi terbesar di Asia dan kedua di dunia setelah AS. Virus Corona ini sudah pasti berdampak terhadap ekonomi nasional. Terlebih China merupakan salah satu mitra dagang utama Indonesia,” ujar Dedi saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (5/2).

Kendati begitu, lanjut dia, seberapa besar dampak Corona terhadap nilai tukar rupiah belum bersifat konklusif. Sebab, nilai kurs dipengaruhi faktor sentimen pelaku pasar yang bervariasi dan bersifat temporer. Menurutnya, kondisi pasar akan kembali berubah setelah Badan Pusat Statistik (BPS) merilis angka pertumbuhan tahun 2019. Jika pertumbuhnnya bersifat positif, maka investasi akan meningkat. Hal ini akan berpengaruh terhadap penguatan Rupiah.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy