Musrembang RKPD Kolut Mulai Dibahas – Kendari Pos
Kolaka Utara

Musrembang RKPD Kolut Mulai Dibahas

Wakil Bupati Kolut, H. Abbas (ketiga dari kiri) membuka Musrenbang perdana di Kecamatan Wawo untuk persiapan program kerja tahun 2021 mendatang.

KENDARIPOS.CO.ID — Musyawarah rencana pembangunan (Musrembang) penyusunan rencana kerja pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) tahun 2021 mendatang mulai dibahas pada tingkat kecamatan. Wakil Bupati (Wabup), H. Abbas mulai berkeliling wilayah mempercepat finalisasi kesepakatan. Kegiatan tersebut dimulai di Kecamatan Wawo, Senin (17/2). H. Abbas dalam arahannya mewakili Bupati, Nur Rahman Umar, mengatakan, Musrembang tahap II telah usai di tingkat desa. Dan kini dalam upaya penyelarasan dari setiap usulan masyarakat melalui negosiasi, rekonsiliasi antara pemerintah dan non pemerintah. “Ada empat catatan yang saya perlu ingatkan. Pertama, forum pertemuan ini harus menghasilkan kesepakatan dan komitmen semua pihak agar target kerja 2021 mendatang selaras dengan RPJMD 2017-2022. Benang merahnya, agar tidak melakukan penambahan target yang sama sekali tak termaktub dalam RPJMD,” tegasnya, kemarin.

Poin selanjutnya, yakni program kerja harus betul-betul menjawab persoalan dan konsisten menuntaskannya. Jangan ada usulan masyarakat yang terkesan berulang setiap tahun, namun tidak terealisasi. “Intinya ya memang sesuai usulan masyarakat,” pinta Kolut-2 itu. Begitu pula dengan usulan pembangunan yang anggarannya memungkinkan bisa diajukan melalui APBN, DAK maupun APBD Provinsi Sulawesi Tenggara. “Kita harus menyiapkan data-data penunjang. Hal yang membuat permintaan daerah kerap tak terakomodir, karena tidak sesuai arah dan memahami prosedur pengajuan,” sambungnya.

Abbas menekankan agar semua stakeholder tidak berpangku tangan dan harus turut serta mensukseskan program andalan Pemkab Kolut yakni revitalisasi kakao. “Semua harus menjawab persoalan masyarakat untuk mewujudkan Kolut Madani,” pungkasnya. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy