Musim Hujan, Dinkes Kendari Antisipasi Penyakit Diare dan Leptopsirosis – Kendari Pos
Metro Kendari

Musim Hujan, Dinkes Kendari Antisipasi Penyakit Diare dan Leptopsirosis

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Musim hujan yang melanda Kota Kendari tidak mengakibatkan banjir dan tanah longsor, namun juga berpotensi menyebarkan penyakit diare, kulit dan leptopsirosis atau penyakit disebarkan melalui urine atau darah hewan pengerat seperti tikus, dan kelompok hewan ternak seperti sapi atau babi. Sebagai bentuk kesiapsiagaan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari mulai mempersiapkan upaya penanganan kesehatan jika terjadi bencana.

Kepala Dinkes Kota Kendari, Dr. Rachmaningrum mengaku telah menginstruksi seluruh Puskesmas melakukan persiapan terkait penanganan kesehatan yang kerap terjadi saat bencana banjir. Tidak hanya itu, Dinkes intens berkoordinasi dengan camat dan lurah. Dengan begitu, upaya penanganan dan tanggap darurat bisa dimaksimalkan. “Jadi, tenaga kesehatan dengan berbagai penunjangnya siap memberikan penanganan ketika terjadi bencana ,” tuturnya kepada Kendari Pos, Senin (24/2).

Masyarakat diimbau untuk mewaspadai penyakit-penyakit yang diakibatkan oleh kondisi lingkungan yang tidak mendukung. Khususnya penyakit diare dan Leptopsirosi yang diakibatkan oleh rusaknya sanitasi hingga permasalahan yang diakibatkan oleh masyarakat yang Buang Air Besar (BAB) secara sembarangan. “Dalam kondisi seperti ini, virus dan bakteri akan cepat berkembang,” imbuhnya.

Untuk itu, bagi masyarakat yang bertempat tinggal didaerah yang rawan terkena banjir acara bisa memeersiapkan diri secara dini, guna menjaga kesehatannya. Khususnya maslah BAB. “Dinkes Kota Kendari akan siap siaga, apa bila terjadi bencana banjir hingga tanah longsor di Kota Kendari,” tuturnya. (c/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy