Mudahkan Layanan, Polres Kendari Terapkan Pembuatan SIM Online – Kendari Pos
Metro Kendari

Mudahkan Layanan, Polres Kendari Terapkan Pembuatan SIM Online

AKP Sri Endang

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk memaksimalkan pelayanan pembuatan SIM, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kendari terus berinovasi. Teranyar, Satlantas menerapkan layanan pembuatan SIM secara online. Dengan sistem ini, peluang adanya praktek pungutan liar (Pungli) bisa dihindari.

Bukan hanya itu, Satlantas Polres Kendari intens melakukan sosialisasi-sosialisasi tentang tarif umum SIM yang ditetapkan oleh Pemerintah berdasarkan PP Nomor 60 Tahun 2016. Sesuai PNBP, tarif pembuatan SIM A sebesar Rp 120 ribu dan SIM B Rp 120 ribu dan SIM C Rp 100 ribu.

Kasat Lantas Polres Kendari, AKP Sri Endang mengatakan terus berusaha memberi kemudahan pembuatan SIM. Salah satunya membuka layanan pembuatan SIM secara online. Mekanismenya, tak jauh beda dengan sistem manual. Masyarakat bisa datang ke loket di Satlantas Polres Kendari dan langsung melakukan perekaman identitas diri. Masyarakat dapat mengisi form pendaftaran kemudian berfoto dan perekaman Sidik Jari kepada Petugas.

“Setelah lengkap secara administrasi. Maka masyarakat dapat mengikuti tes komputer secara online dan praktek di lapangan,” tutur mantan Kapolsek Baruga ini.

Tidak hanya pembuatan SIM, pembayaran pun bisa dilakukan non-tunai. Upaya ini tak lain dilakukan untuk mencegah adanya Pungli.

“Kami sudah melakukan secara online. Pembayarannya pun bisa melalui BRI. Saat ini kami terus melakukan sosialisasi, agar masyarakat dapat secara keseluruhan paham dalam pembuatan SIM,” ujarnya. (c/ade)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy