Momen Pilkada Rawan Pencucian Uang : Bawaslu dan OJK Siap Mengawasi – Laman 2 – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Momen Pilkada Rawan Pencucian Uang : Bawaslu dan OJK Siap Mengawasi

Ditempat yang sama, Kepala Sub Bagian Edukasi dan Perlindugan Konsumen (EPK) OJK Sultra, Ridhony Marisson Hasudungan Hutasoit mengungkapkan bahwa ada tiga modus yang biasa digunakan sesorang dalam kejahatan pencucian uang juga dalam momen pilkada ini. Pertama, kata Ridho, memecah uang menjadi satuan yang lebih kecil agar tidak mudah dicurigai. Kedua, membeli aset, berinvestasi atau dengan menyebar uang tersebut melalui pembukaan rekening bank di beberapa negara.

Ketiga, menggabungkan atau menggunakan harta telah tampak sah dipergunakan untuk membiayai kegiatan bisnis yang sah. “Perbankan memiliki peran penting dalam mengidentifikasi transaksi keuangan yang mencurigakan dan mendukung terwujudnya pilkada yang bersih, transparan dan berintegrasi,” ujarnya.

Ditemui terpisah, Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu mengaku saat ini pihaknya telah mendapatkan informasi bahwa dalam upaya pengawasan pilkada, Bawaslu bekerjasama dengan PPATK dan OJK. “Info dari pusat kami sudah kerjasama dengan mereka. Kita akan tindak lanjuti didaerah. Kerjasamanya, tentunya pengawasan terkait aliran dan penggunaan dana kampanye. (ags/b)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy