Momen Pilkada Rawan Pencucian Uang : Bawaslu dan OJK Siap Mengawasi – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Momen Pilkada Rawan Pencucian Uang : Bawaslu dan OJK Siap Mengawasi

KENDARIPOS.CO.ID — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sultra menilai musim Pilkada rawan terjadi pencucian uang. Karena itu, OJK meminta lembaga perbankan memperketat pengawasan transaksi-transaksi keuangan.

Kepala Bagian Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK Sultra, Maulana Yusuf mengatakan momen pilkada, kadangkala terjadi transaksi mencurigikan. Misalnya, orang yang bersangkuta, hanya rutin transaksi Rp 5 jutaan. Namun di musim Pilkada, tiba-tiba ada dana masuk Rp 500 juta. Nah, itulah yang akan diawasi OJK.

Oleh karena itu, kata dia, lembaganya meminta para Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) untuk melaporkan jika ada transaksi yang mencurigakan tersebut ke Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk kemudian diteliti dan ditindaklanjuti oleh OJK.

“Kalau momen pilkada ini modus pencucian uangnya tentu untuk untuk kampanye. Takutnya sumber-sumber dari biaya kampanye itu berasal dari uang yang tidak bersih apalagi uang dari tindak kejahatan, misalnya hasil korupsi dan gratifikasi,” kata Maulana.

Ia menegaskan perbankan harus melakukan pengawasan terhadap aliran dana kampanye dengan melakukan pemantauan pro aktif, yaitu pemantauan Rekening Khusus Dana Kampanye (RKDK), pemantauan rekening pasangan calon, pemantauan rekening partai politik pengusung, pemantauan rekening pihak-pihak yang terlibat dalam pemilu.

“Jika dikemudian hari ada PUJK yang tidak melaporkan adanya indikasi transaksi mencurigakan ini (pencucian uang). Maka kita tidak akan segan memberikan sanksi teguran secara tertulis bahkan hingga ada kewajiban membayar denda ratusan juta rupiah. Semuanya sudah diatur dalam POJK Nomor 23 /POJK.01/2019 tentang perubahan atas peraturan OJK Nomor 12/POJK.01/2017 tentang penerapan program anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme di sektor jasa keuangan,” jelasnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy